Pengaruh karakteristik fashion dan beauty influencer terhadap stickiness dan well-being followers dalam konteks media sosial
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh physical attractiveness, trustworthiness, dan expertise terhadap stickiness, pengaruh stickiness terhadap hedonic well-being dan eudaimonic well-being. Penelitian ini dilakukan pada individu yang merupakan pengguna aktif media sosial sekaligus pengikut (follower) dari fashion & beauty influencer minimal 1 tahun terakhir. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner online (google form). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 270 responden dengan teknik penarikan sampel yaitu menggunakan purposive sampling. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel physical attractiveness dan trustworthiness dengan stickiness berpengaruh positif, variabel expertise dengan stickiness tidak berpengaruh positif, variabel stickiness dengan hedonic well-being dan eudaimonic well-being berpengaruh positif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterikatan dengan influencer dan dampaknya pada kesejahteraan pengguna. Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini dapat digunakan oleh manajer pemasaran dalam merancang strategi yang lebih efektif untuk membangun hubungan yang berkelanjutan dengan pengikutnya.
T his study aims to analyze the effect of physical attractiveness, trustworthiness, and expertise on stickiness, the effect of stickiness on hedonic well-being and eudaimonic well-being. This research was conducted on individuals who are active users of social media as well as followers of fashion & beauty influencers for at least the past 1 year. Research data was obtained through an online questionnaire (google form). Research data were obtained through an online questionnaire (google form). The sample used in this study amounted to 270 respondents with the sampling technique using purposive sampling. The data analysis tool used is the Structural Equation Model (SEM). The results of this study concluded that the variables of physical attractiveness and trustworthiness with stickiness have a positive effect, the expertise variable with stickiness has no positive effect, the stickiness variable with hedonic well-being and eudaimonic well-being has a positive effect. This research contributes to the understanding of the factors that influence stickiness with influencers and their impact on followers well-being. The managerial implications of the results of this research can be used by marketing managers in designing more effective strategies for building strong relationships with their followers.