Perubahan tingkat pengetahuan mahasiswa dengan metode pembelajaran berbasis kadaver dalam pendidikan anatomi: Kajian pada mahasiswa fkg Universitas trisakti
L atar Belakang: Pendidikan anatomi merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari dalam perguruan tinggi di bidang kedokteran. Dalam bidang kedokteran gigi, pendidikan anatomi harus diberikan secara terfokus karena dokter gigi akan melakukan perawatan klinis. Oleh karena itu, penggunaan metode pembelajaran yang tepat dan efektif penting untuk mencapai hasil pembelajaran dalam pendidikan anatomi. Metode pembelajaran yang sering digunakan dalam pendidikan anatomi adalah metode pembelajaran berbasis kadaver. Tujuan: Untuk mengetahui perubahan tingkat pengetahuan mahasiswa kedokteran gigi dengan metode pembelajaran berbasis kadaver dalam pendidikan anatomi. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional one group pre-post test yang menggunakan rancangan potong silang (cross-sectional). Telah didapatkan 159 data responden yang sesuai dengan kriteria inklusi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data tes sebelum dan sesudah pembelajaran kadaver dengan durasi 25 menit. Perubahan tingkat pengetahuan mahasiswa dianalisis dengan uji Wilcoxon. Hasil: Terdapat perubahan tingkat pengetahuan yang signifikan antara sebelum dan sesudah metode pembelajaran berbasis kadaver dengan nilai signifikansi <0,001. Kesimpulan: Terdapat perubahan peningkatan pengetahuan yang signifikan pada mahasiswa kedokteran gigi dengan metode pembelajaran berbasis kadaver.
B ackground: Anatomy education is one of the important sciences to be studied in universities in the medical field. In the field of dentistry, anatomy education must be provided in a focused manner because dentists will provide clinical care. Therefore, the use of appropriate and effective learning methods is important to achieve learning outcomes in anatomy education. The learning method that is often used in anatomy education is the cadaver-based learning method. Objective: To determine changes in the level of knowledge of dental students using cadaver-based learning methods in anatomy education. Method: This type of research is observational one group pre-post test which uses a cross-sectional design (cross-sectional). 159 respondent data was obtained that met the inclusion criteria. This research was conducted using test data before and after cadaver learning with a duration of 25 minutes. Changes in students' knowledge levels are analyzed using Wilcoxon test. Results: There is a very significant change in the level of knowledge between before and after the cadaver-based learning method with a significance value of <0.001. Conclusion: There is a very significant increase in knowledge among dental students with cadaver-based learning methods.