Perbandingan kepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan perawatan gigi tiruan cekat berdasarkan pengalaman klinis
L atar Belakang: Kepercayaan diri mahasiswa profesi dianggap sebagai kuncikeberhasilan dalam melakukan perawatan gigi tiruan cekat. Salah satu faktor yangdapat mempengaruhi agar seseorang dapat menjadi seorang dokter gigi yangkompeten adalah proses pembelajaran dan pengalaman klinis. Tujuan:Membandingkan kepercayaan diri mahasiswa profesi di Universitas Trisaktiberdasarkan pengalaman klinis. Metode: Penelitian ini merupakan penelitianobservasional analitik dengan pendekatan potong lintang. Data diperolehmenggunakan kuesioner dengan memasukkan 2 kelompok responden mahasiswaprofesi berjumlah 192 responden. Hasil: Responden laki-laki (13,6%) lebih banyakyang percaya diri dibandingkan dengan responden perempuan (86,4%) dalammelakukan tahapan perawatan GTC. kepercayaan diri mahasiswa profesiberdasarkan pengalaman klinis dalam melakukan tahapan pekerjaan interpretasihasil anamnesis, pemeriksaan klinis, interpretasi foto radiografis, menegakkandiagnosis, menentukan rencana perawatan, preparasi gigi, mengevaluasi hasilpreparasi gigi, pemasangan gigi tiruan jembatan definitif dan memberikan instruksipaska pemasangan gigi tiruan definitif didapatkan nilai p=0,000. Sedangkan padatahapan anamnesis, meyakinkan pasien untuk melakukan perawatan danmemberikan instruksi paska pemasangan gigi tiruan jembatan definitif diperolehnilai p > 0,05, dan pada tahapan pembuatan gigi tiruan jembatan sementara ataumahkota tiruan, pemasangan benang retraksi dan pencetakan untuk pembuatan gigitiruan jembatan diperoleh nilai p < 0,05. Kesimpulan: Terdapat perbedaankepercayaan diri mahasiswa profesi dalam melakukan hampir semua tahapanperawatan gigi tiruan cekat berdasarkan pengalaman klinis. Perbedaan tidak tampakpada tahapan anamnesis, meyakinkan pasien dan evaluasi GTC definitif.
B ackground: Dental students' self-confidence is considered the key to success inperforming fixed denture treatment. One of the factors that can influence a personto become a competent dentist is the learning process and clinical experience.Objective: Comparing the confidence of dental students at Trisakti Universitybased on clinical experience. Methods: This study is an analytical observationalstudy with a cross-sectional approach. Data were obtained using a questionnaire byincluding 2 groups of professional student respondents totaling 192 respondents.Results: Male respondents (13.6%) were more confident than female respondents(86.4%) in performing the stages of fixed denture treatment. dental students'confidence based on clinical experience in performing the work stages ofinterpreting the results of anamnesis, clinical examination, interpretingradiographic photographs, making a diagnosis, determining a treatment plan, toothpreparation, evaluating the results of tooth preparation, installing a definitive bridgedenture and providing post-installation instructions for a definitive denture obtaineda value of p = 0.000. Whereas at the stages of anamnesis, convincing patients tocarry out treatment and giving instructions after the installation of a definitivebridge denture, the p value > 0.05, and at the stages of making a temporary bridgedenture or crown, installing retraction threads and taking impression for making abridge denture, the p value was < 0.05. Conclusion: There are differences in theconfidence of professional students in performing almost all stages. Differenceswere not seen in the stages of anamnesis, convincing patients and definitive bridgedenture evaluation.