DETAIL KOLEKSI

Tingkat kepuasan pelaku bisnis UMKM terhadap software akuntansi berbasis cloud


Oleh : Juniar Gira Marito Matondang

Info Katalog

Nomor Panggil : 023002108059

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Harti Budi Yanti

Subyek : Information technology - Accounting;Small business

Kata Kunci : user satisfaction index, cloud-based accounting software, cartesian diagram

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_SAK_023002108059_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2023_TA_SAK_023002108059_Lembar--Pengesahan.pdf 6
3. 2023_TA_SAK_023002108059_Bab-1-Pendahuluan.pdf 8
4. 2023_TA_SAK_023002108059_Bab-2-Tinjauan-Pustaka.pdf 18
5. 2023_TA_SAK_023002108059_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf 9
6. 2023_TA_SAK_023002108059_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf 35
7. 2023_TA_SAK_023002108059_Bab-5-Kesimpulan.pdf 6
8. 2023_TA_SAK_023002108059_Daftar-Pustaka.pdf 4
9. 2023_TA_SAK_023002108059_Lampiran.pdf 42

P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasanpenggunaan software akuntansi berbasis cloud pada pengguna berlatarbelakang UMKM. Melalui penelitian ini diharapkan pihak terkait dapatmengetahui fitur-fitur pada software akuntansi berbasis cloud yangmendapatkan peringkat tertinggi dalam indikator serta dimensi. Penelitian inimemasukkan dimensi dari Quality of Work Life Satisfaction, Content,Accuracy, Shape, Ease of Use, Timeliness, Flexible, kelengkapan, integrasisistem dan kecepatan responPenelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatifdeskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yangdiperoleh dari kuesioner yang disebar pada pengguna software akuntansiberbasis cloud yang berlatar belakang UMKM dengan dua output kuesioneryaitu untuk ekspektasi dan kinerja. Teknik sampling yang digunakan ialahpurposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan dan mendapatkan150 responden pengguna yang merupakan UMKM. Metode analisis yangdigunakan ialah analisis indeks kepuasan pengguna menggunakan kalkulasiperhitungan means pada Microsoft Excel, kemudian uji beda dan uji diagramkartesius pada IBM SPSS 26.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antarahasil indeks kinerja dan ekspektasi yang berada dibawah alpha 0,05 yaitu0,003. Sedangkan hasil indeks kepuasan pengguna menunjukkan tingkatkepuasan penggunaan software akuntansi berbasis cloud dengan persentasesebesar 97% (kategori puas). Akan tetapi terdapat juga faktor-faktor yangterdapat pada kuadran A setelah diuji diagram kartesius yang dapatmeningkatkan kepuasan dari pengguna software berdasarkan evaluasidiagram kartesius

T his study aims to analyze the level of satisfaction with the use ofcloud-based accounting software in users with MSME backgrounds. Throughthis research, it is hoped that related parties can find out the features in cloudbased accounting software that get the highest ratings in indicators anddimensions. This study included the dimensions of Quality of Work LifeSatisfaction, Content, Accuracy, Shape, Ease of Use, Timeliness, Flexible,completeness, system integration and response speed.This research was conducted using descriptive quantitative methods.The data used in this study is primary data obtained from questionnairesdistributed to cloud-based accounting software users with MSME backgroundswith two questionnaire outputs, namely for expectations and performance. Thesampling technique used is purposive sampling with predetermined criteriaand getting 150 user respondents who are MSMEs. The analysis method usedis the analysis of the user satisfaction index using the calculation of means inMicrosoft Excel, then the difference test and the cartesian diagram test on theIBM SPSS 26.The results showed that there was a gap between performance resultsand expectations that were below alpha 0.05, which is 0.003. Meanwhile, theresults showed the level of satisfaction with using cloud-based accountingsoftware with a percentage of 97% (satisfied category). However, there arealso factors contained in quadrant A after testing cartesian diagrams that canincrease satisfaction from software users based on the evaluation of cartesiandiagrams

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?