Pengaruh cash holding terhadap firm performance pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemilikan uang tunai terhadap kinerja pada perusahaan consumer goods. Sampel yang digunakan sebanyak 35 perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel. Variabel independen penelitian ini terdiri dari kepemilikan uang tunai dan variabel kontrol yaitu leverage, aset berwujud, ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan sedangkan variabel dependen yaitu firm performance yang diukur dengan return on assets. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa aset berwujud, leverage, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap firm performance serta kepemilikan uang tunai dan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap firm performance. Temuan penelitian ini diharapkan mampu menjadi acuan bagi perusahaan consumer goods dalam mengupayakam untuk meningkatkan kinerja perusahaan dengan cara meningkatkan nilai rasio return on assets.
T his research aims to analyze the effect of cash holding of firm performance in consumer goods companies. The sample used was 35 consumer goods companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period of 2016-2020 . The sampling technique used is purposive sampling and the analytical method used is panel data regression. The independent variables in this study consist of cash holding and control variables, leverage, tangible assets, firm size and sales growth, while the dependent variable is firm performance as measured by return on assets. The results of this study explain that tangible assets, leverage and firm size have no significant effect on firm performance and cash holding and sales growth has a significant positive effect on firm performance. The findings are expected to be a reference for manufacturing companies in their efforts to improve firm performance by increasing the value of the return on assets ratio.