Pengaruh digital marketing terhadap online purchase decision pada platform belanja online
T ujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran online purchase decisionpada Tokopedia dan mengetahui seberapa besar digital marketing mempengaruhionline purchase decision. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatf. Dalampenelitian ini menggunakan data primer sebagai teknik pengumpulan data.Pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada respondenyang sesuai dengan kriteria. Responden yang sesuai kriteria dalam penelitian iniialah sebanyak 174 responden. Sebelum data diolah maka perlu dilakukan ujiinstrument, setelah itu dilakukan analisis data menggunakan metode analisisstructural equation model. Structural equation model ialah pendekatan multivariatyang menggabungkan bagian dari analisis faktor dan regresi berganda untukmemungkinkan peneliti melihat serangkaian ketergantungan yang salingberhubungan antara variabel yang diukur pada waktu yang sama. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat pengaruh dari email marketing terhadappurchase decision, (2) Terdapat pengaruh positif dari online advertising terhadappurchase decision, (3) Tidak terdapat pengaruh dari social media marketing terhadappurchase decision, (4) Terdapat pengaruh positif dari mobile marketing terhadap purchase decision.
T he purpose of this study is to describe the online purchase decision onTokopedia and to find out how much digital marketing influences online purchasedecisions. This type of research is quantitative research. In this study using primarydata as a data collection technique. Data collection is done by distributingquestionnaires to respondents who fit the criteria. Respondents who fit the criteria inthis study were 174 respondents. Before the data is processed, it is necessary to testthe instrument, after that the data analysis is carried out using the structural equationmodel analysis method. The structural equation model is a multivariate approach thatcombines part of factor analysis and multiple regression to allow researchers to see aseries of interrelated dependencies between variables being measured at the sametime. The results showed that (1) there was no influence from email marketing onpurchase decisions, (2) there was a positive influence from online advertising onpurchase decisions, (3) there was no influence from social media marketing onpurchase decisions, (4) there was a positive influence. from mobile marketing topurchase decisions.