Perancangan sistem informasi akademik dengan metodologi fast pada bagian kurikulum SMA PGRI 109 Tangerang
S MA PGRI 109 merupakan salah satu unit kegiatan pendidikan formal, yang kegiatan utamanya adalah mendidik para siswa untuk membantu pengembangan kemampuan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan agar dapat diterapkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pun lapangan pekerjaan agar menjadi manusia yang lebih bernilai sesuai dengan tujuan dari pendidikan nasional. SMA PGRI 109 saat ini belum memiliki pengawasan dan pengelolaan akademis yang memiliki kemampuan yang dapat dihandalkan khususnya dalam hal pelaksanaan penerimaan siswa baru dan pembagian kelas yang masih dilakukan secara manual dan kegiatan belajar mengajar sehari-hari dimana masih menggunakan form-form kertas dan dituliskan manual oleh para pelaksana academis, serta belum memiliki pengelolaan data yang baik untuk para guru dan staff serta para siswa tiap tahun ajaran dimana selalu mengalami peningkatan dalam jumlah kuantitas. Hal ini tentu saja mengakibatkan para guru, khususnya, dapat mengurangi kesempatan mereka untuk fokus meningkatkan kemampuan serta kualitas mengajar dimana hal-hal akademis yang selama ini dilakukan,dalam era saat ini, dapat dikerjakan dengan mudah dengan dukungan sebuah teknologi yaitu komputer. Sebuah perencanaan sistem informasi akandemis dengan metodologi FAST tentu diharapkan dapat memberikan gambaran tentang sistem yang selama ini berjalan disekolah serta tahapan-tahapan yang dilakukan hingga sistem informasi dapat di rancang dan diimplementasikan kealamiiistem lama tanpa merubah kerangka sistem Nei yang selama ini berjalan. Oleh karena itu pembentukan sistem pengolahan data yang berbasis komputer untuk SMA PGRI 109 adalah suatu langkah yang tepat. Dengan demikian kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan dalam melayani pendaftaran siswa hingga kelulusan dan kegiatan akademis didalamnya dapat beijalan dengan baik dan lebih terjamin dan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan.
S MA PGRI 109 is one of the units of formal education activities, whose main activity is to educate students to help develop students' abilities in the field of science so that they can be applied to higher education levels or even jobs so that they become more valuable human beings in accordance with the goals of National Education. SMA PGRI 109 currently does not have academic supervision and management that has reliable capabilities, especially in terms of implementing new student admissions and class divisions which are still done manually and daily teaching and learning activities which still use paper forms and are written manually by academic implementers, and do not yet have good data management for teachers and staff and students every academic year which always increases in quantity. This of course results in teachers, in particular, being able to reduce their opportunities to focus on improving the ability and quality of teaching where academic things that have been done, in the current era, can be done easily with the support of a technology, namely computers. An academic information system planning with the FAST methodology is certainly expected to provide an overview of the system that has been running in schools and the steps that have been taken so that the information system can be designed and implemented in the nature of the old system without changing the framework of the existing Nei system. Therefore, the establishment of a computer-based data processing system for SMA PGRI 109 is the right step. Thus activities related to processing in serving student registration to graduation and academic activities in it can run well and are more secure and can run well and as expected.