Pengaturan gerak pintu geser kompak untuk meredam benturan saat buka tutup
P ada tahun 2014 Sukarnoto dkk. telah membuat prototipe pintu geserkompak yang memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan model-model pintu bus Transjakarta yang telah beroperasi. Kelebihan tersebut yaitu konstruksi pintu geser yang masuk ke dalam rangka body bus sehingga memberikan ruang yang Iebih besar untuk penumpang. Namun, model pintu geser kompak ini masih memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu terjadinya benturan yang besar saat gerakan membuka dan menutup. Penelitian yang dilakukan dalam tugas akhir ini mencoba mengatur gerakan dari pintu geser kompak rancangan sukarnoto dkk untuk meredam benturan yang terjadi. Sistem gerak dari pintu geser menggunakan sistem pneumatik dan dikontrol oleh Programmable Logic Controlle (Zelio SR3B261 BD). Penerapan sistem peredaman pada pintu gesel ini dilakukan dengan cara mengganti DCV Mir NW (Directional Control Valve) pada sistem pneumatik menggunakan DCV 5/3 solenoid ganda dan pada sequence membuka dan menutup dari pintu geser gerakan pintu geser diprogram untuk berhenti sejenak sesaat sebelum pintu terbuka atau tertutup penuh sehingga mengurangi kecepatan pintu geser saat bertumbukan dengan rangka body. Setelah dilakukan pengujian dari pengaturan gerak pintu geser dapat diambil kesimpulan bahwa gerakan yang diterapkan berfungsi sesuai dengan yang direncanakan dan benturan yang terjadi berhasil diredam.
I n 2014 Sukarnoto et al. has made a prototype sliding doorcompact which has advantages when compared to Transjakarta bus door models that have been operating. The advantage is the construction of a sliding door that goes into the frame of the bus body so as to provide greater space for passengers. However, this compact sliding door model still has its drawbacks. One of the drawbacks is the occurrence of a large impact when opening and closing movements. The research carried out in this final project tries to regulate the movement of the compact sliding door designed by Sukarnoto et al to reduce the impact that occurs. The movement system of the sliding door uses a pneumatic system and is controlled by a Programmable Logic Controlle (Zelio SR3B261 BD). The application of the damping system on the sliding door is done by replacing the DCV Mir NW (Directional Control Valve) on the pneumatic system using a DCV 5/3 dual solenoid and in the sequence of opening and closing of the sliding door the sliding door movement is programmed to pause just before the door opens or fully closed thereby reducing the speed of the sliding door when it collides with the body frame. After testing the sliding door motion settings, it can be concluded that the applied movement functions as planned and the collisions that occur are successfully suppressed.