DETAIL KOLEKSI

Identifikasi faktor penyebab utama kerusakan bangunan sekolah dasar di Wilayah Kabupaten Bekasi


Oleh : Alfianto Wardhana

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Darmawan Pontan,

Subyek : Building failures

Kata Kunci : factors causing damage to buildings, building protection.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STS_051001500011_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TA_STS_051001500011_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_STS_051001500011_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2022_TA_STS_051001500011_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2022_TA_STS_051001500011_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2022_TA_STS_051001500011_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2022_TA_STS_051001500011_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2022_TA_STS_051001500011_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2022_TA_STS_051001500011_Lampiran.pdf
10. 2022_TA_STS_051001500011_PPT-TA.pdf
11. 2022_TA_STS_051001500011_Poster-TA.pdf

G edung sekolah merupakan bagian pokok dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Pentingnya peranan gedung dalam penyelenggaraan pendidikan sehingga diperlukan perawatan yang optimal. Sejauh pencatatan Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, jumlah ruangan kelas yang rusak setara tiga kali lipat jumlah ruangan kelas yang layak pakai atau dalam keadaan baik. Berdasarkan data kerusakan kelas tersebut, maka dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi faktor utama penyebab kerusakan pada bangunan sekolah di wilayah Kabupaten Bekasi. Dari 12 Sekolah Dasar yang diobservasi terdapat kerusakan mulai dari 1 % - 8 % tingkat kerusakan. Dan faktor utama penyebab kerusakan bangunan adalah faktor kualitas bahan yang kurang baik. Dapat dilihat dari 12 sekolah yang ditinjau rata – rata umur bangunan adalah 20 tahun lebih. Disamping umur bangunan juga terdapat faktor manusia, seperti pelaksanaan pekerjaan yang kurang rapi. Dan juga faktor alam, seperti panas matahari dan hujan, serta dari hewan –hewan seperti hama tikus dan juga kucing

T he school building is a major part in the implementation of teaching and learning activities. The important role of the building in the implementation of education so that optimal maintenance is needed. As far as the Bekasi District Education Office has recorded, the number of damaged classrooms is equivalent to three times the number of classrooms that are suitable for use or in good condition. Based on the class damage data, a study was conducted to identify the main factors causing damage to school buildings in the Bekasi Regency area. Of the 12 elementary schools that were observed there was damage ranging from 1% - 8% of the level of damage. And the main factor causing damage to buildings is the factor of poor quality materials. It can be seen from the 12 schools reviewed that the average age of the building is more than 20 years. Besides the age of the building, there are also human factors, such as the implementation of work that is not neat. And also natural factors, such as hot sun and rain, as well as from animals such as rats and cats

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?