DETAIL KOLEKSI

Area rekreasi edukatif di Pusat Kajian Maritim Ancol (Ecuative recreation area at Maritime Study Centre, Ancol)


Oleh : La Vinna

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2002

Pembimbing 1 : Iwan Ismaun

Subyek : Outdoor education;Student-centered learning

Kata Kunci : Maritime Study Centre, sea heritage

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2002_TA_SAL_08195061_Halaman-Judul.pdf 12
2. 2002_TA_SAL_08195061_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-1_Pendahuluan.pdf 6
4. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-2_Studi-Kepustakaan.pdf
5. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-3_Identifikasi-potensi.pdf
6. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-4_Program-pengembangan.pdf
7. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-5_Konsep-perancangan.pdf
8. 2002_TA_SAL_08195061_Bab-6_Hasil-rancangan-.pdf
9. 2002_TA_SAL_08195061_Daftar-Pustaka.pdf 1
10. 2002_TA_SAL_08195061_Lampiran.pdf

I ndonesia memiliki kekayaan laut yang terkenal di dunia namun sayangnya pengenalan bangsa Indonesia sendiri terhadap potensi dari alam Indonesia masih sangat minim. Minimnya pengenalan rakyat Indonesia akan potensi dari negaranya sendiri dapat dipahami mengingat Indonesia masih sangat sedikit memperbatikan kekayam alam laut, hal ini dapat dilihat masih sedikitnya lembaga-lembega maupun institusi yang mengembangkan penelitian pada bidang kelautan. Disebabkan mendesakoya kebutuhan ini maka diadaka Suatu Pusat Kajan Maritim pada area Taman Impian Jaya Ancol (TIJA),.Jakarta Utara.Dalam merancang perlu memperhatikan potensi, kendala, dan permasalahan yang ada Potensi yang terdapat pada tapak adalah letaknya yang dekat dengan lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang maritim, bentuk tapak yang unik dan juga pemandangan laut Kendala yang biasa terjadi pada daerah tepi laut,. yaitu faktor iklim atau lebih jelas lagi yaitu suhu dan kelembaban yang cukup tinggi. hal ini dapat membuat lingkungan yang tidak nyaman. Selain itu biasanya pengunjung datang ke Taman Irnpian Jaya Ancol untuk bersenang-senang sehingga fasilitas penelitian di Taman Impian Jaya Ancol menjadi tidak begitu menarik. Permasalahan yang akai diangkat adalah bagaimana membuat suatu kawasan penelitian yang menarik orang awam sehingga dapat mengenal kekayaan alam laut Indonesia.Berdasarkan berbagai kondisi di atas, maka perancangan yang dilakukan adalah menggubah suatu area rekreasi yang bersifat mendidik tentang kekayaan aJam laut Indonesia dengan penekanan pada dunia maritim,. memanfaatkan gubahan bangunan serta bentukkm tapak ymg unik sebagai sebagai suatu daya tarik tapak. Dalam rencana perancangan area rekreasi edukatif ini tapak dibagi menjadi 4 (empat) area besar yaitu area penerima, area rekreasi edukatif, area dermaga dan area servis.

I ndonesia has the famous sea heritage in the wodd,. but unfortunately people in this eounny have very lack of knowledge of sea heritage. We can understand this situation,. because the Government itself do not pay attention for nation sea heritage, which the Govenment Organization or Institution for research and development for maritime is rare. Therefore, to fulfil the necesity of instituiton for research and development for maritime in Indonesia,. Maritime Study Centre are establish on Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) at North Jakarta, Potency, handicaps, and current problem are the criitical points that we have pay attention for. Potency that can be found in site is Maritime Study Centre is link with the current maritime organization. because their location are near for each other,. also it have a unique site, and the beautiful ocean view. Handicaps that happen all the time in sea side area are the climate factor, which are the high temperature mid humidity, that causing a uncomfortable environment Besides, ussually common people (visitor) come to Taman Impian Jaya Ancol for having fun and recreation, tlerefore research facility in Taman Impian Jaya Ancol are unpopular for them The problem to solve is how to make the research facility attracting visitor in Taman Impian Jaya Ancol to visit and enjoying it. We hope it will be the begining for people in Indonesia to have information about their sea heritage. According to the condition mentioned move,. therefor die designing for Maritime Study Centre is to build an recreation including an education facility about Indonesian sea heritage with focussing on maritime world, using building arranger, and an unique site to attract visitor. In design for 1his education area, site is divide in 4 (four) major area, which are reception area, educative recreation area, quey area, and service area

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?