DETAIL KOLEKSI

Kesenjangan literasi digital antara generasi Y dan generasi Baby Boomer pada perusahaan konstruksi


Oleh : Billy Wira Gunawan

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Raflis

Subyek : Construction industry - Psychological aspects;Information technology

Kata Kunci : digital literacy gap, Y and The Baby Boomer generation, construction company

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STS_051001500021_Halaman-Judul.pdf
2. 2021_TA_STS_051001500021_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STS_051001500021_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2021_TA_STS_051001500021_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STS_051001500021_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STS_051001500021_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STS_051001500021_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2021_TA_STS_051001500021_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2021_TA_STS_051001500021_Lampiran.pdf

D i era digital ini teknologi digital menjadi nilai yang sangat bermanfaat untuk digunakan dalam berkomunikasi dan mengelolah pekerjaan dengan mudah. Salah satu contohnya adalah remote working, dimana pekerja dapat mengelolah pekerjaan secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi atau media digital. Namun banyak pekerja di perusahaan konstruksi yang masih kurang literasi digital dalam memanfaatkan teknologinya. Khususnya pada perusahaan konstruksi perencanaan yang melibatkan banyak generasi di dalamnya. Seperti generasi Y dan generasi Baby Boomer yang masih banyak terlibat di dalam perusahaan konstruksi perencanaan. Perbedaan usia yang jauh ini diketahui berdampak pada perbedaan literasi digital dalam melakukan pekerjaanya. sehingga penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kesenjangan literasi digital antara generasi Y dan generasi Baby Boomer dalam malakukan pekerjaanya dan dapat menjembatani dua generasi tersebut dalam melakukan pekerjaanya yang melibatkan literasi digital. Metode penelitian ini menggunakan metode Eksploratori. Berdasarkan analisa data yang dilakukan dari dua perspektif generasi tersebut, keterampilan menjadi faktor paling berpengaruh terhadap kesenjangan literasi digital antara kedua generasi tersebut di perusahaan konstruksi perencanaan menurut generasi Baby Boomer. Sedangkan menurut generasi Y, cara berkomunikasi merupakan faktor terjadinya kesenjangan literasi digital antara kedua generasi tersebut di perusahaan konstruksi perencanaan. Sehingga hal ini harus segera diatasi dari kedua generasi tersebut agar dapat mengurangi atau menghilangkan kesenjangan literasi digital antara kedua generasi tersebut

I n this digital era, digital technology is rated as a beneficial technology to communicate and to manage work easily. For example the remote working, where the workers able to manage their work remotely by utilizing digital technology or media certainly. However, the workers around contruction company still lack of digital literacy to utilize the technology. Especially in consultan construction company that involves many generations, such as generation Y and the Baby Boomer generation that are still involved within the consultant company.The great age gap possess the impact of literacy gap between those both generations in managing their works. So this research intends to discover the factors that affect digital literacy gap and able to bridge the gap between those both generations in doing their work. This research method employs exploratory analysis. According to data analysis which is done to each generations perspectives, the skill becomes the most influential factor of digital literacy gap between those both generations in consultant construction company. Whereas according to generation Y, the way to communicate becomes a factor that affects digital literacy gap between those two generations in consultant construction company.So these matters need to be fixed immediately by those both generations to overcome or to remove the gap digital literacy between those two generations.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?