Perancangan terminal penumpang Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II dengan pendekatan high - technology di Kota Palembang
T erminal penumpang bandar udara di Palembang, merupakan suatu tempat untuk menampung kegiatan perpindahan moda transportasi darat ataupun laut, dan bandar udara juga merupakan infrastruktur penunjang bagi perkembangan industri di kota Palembang, Sumatera Selatan.Sasaran pada perancangan terminal penumpang bandar udara internasional sultan mahmud badaruddin II dengan pendekatan high technology ini mencakup Blok Plan, dengan bangunan penunjang didalam kawasan berupa gedung parkir untuk kendaraan yang menginap, stasiun LRT untuk pencapaian menuju bandara SMB II, dan jalur pejalan kaki yang memadai juga menjadi salah satu unsur penting untuk menunjang seluruh kegiatan.Kemudian Site Development yang berupa penataan massa terminal penumpang bandar udara SMB II yang berada tegak lurus dengan kantong parkir bertujuan untuk memudahkan para pengunjung atau calon penumpang menuju bangunan terminal penumpang bandara SMB II, pengadaan taman pada sekitar kolam water treatment dan ruang publik pun menjadi solusi untuk menambah ruang terbuka hijau bagi kawasan bandar udara ini.Functional Planning, dengan pemisahan dan penempatan zona yang dirancang dengan memperhatikan sirkulasi pengguna bangunan terminal penumpang sehingga kegiatan akan berjalan secara maksimal pada waktu sibuk, penataan ruang yang terbentuk juga berdasar pada pengorganisasian ruang dari yang utama, hingga kepada ruang - ruang penunjang Pada Spatial Quality, dapat membantu mengatur penempatan ruang yang selaras dengan hirarki pada ruang yang ada di dalam bangunan terminal penumpang ini.Building Form, dibentuk dari bentuk - bentuk geometris sederhana dengan menjadikan bangunan terminal penumpang bandara SMB II sebagai bangunan dengan ketinggian yang kontras namun masih sesuai dengan peraturan KKOP yang berlaku, bentuk massa bangunan menyelaraskan apron yang sudah ada sehingga dapat memudahkan pergerakan bagi pesawat, dan para penumpang atau calon penumpangnya. Aspek Aesthetic dengan memperhatikan irama yang tercipta dari bentuk bangunan, penggunaan bentang lebar pada atap bangunan yang berwarna emas untuk menjadi ciri bagi bangunan terminal penumpang bandar udara internasional SMB II. Sistem Struktur pada atap menggunakan bentang lebar berupa Star Truss, Use of Materials pada bangunan ini menggunakan material kaca Low Emissivity Glass (Kaca dengan emisi yang rendah) atau yang biasa dikenal dengan Low-E Glass, penggunaan material ini bertujuan untuk mengurangi panas pada bagian dalam bangunan. kemudian pada aspek Environment Control System menerapkan penggunaan air daur ulang dari kolam penampungan, yang dapat digunakan kembali untuk keperluan kebandaraan.Penerapan pendekatan High Technology pada perancangan terminal penumpang bandar udara ini mendukung bangunan terminal penumpang yang akan terus beroperasi dan menunjang kegiatan di kota Palembang pada masa yang akan datang serta terus mengikuti perkembangan jaman.
T he airport passenger terminal in Palembang is a place to accommodate the transfer of land or sea transportation modes, and the airport is also a supporting infrastructure for industrial development in the city of Palembang, South Sumatra.The targets in the design of the passenger terminal of the Sultan Mahmud Badaruddin II international airport with this high technology approach include the Block Plan, with supporting buildings in the area in the form of a parking building for overnight vehicles, LRT stations for reaching SMB II airport, and adequate pedestrian paths as well is an important element to support all activities.Then Site Development in the form of mass arrangement of the SMB II airport passenger terminal which is perpendicular to the parking bag aims to make it easier for visitors or prospective passengers to go to the SMB II airport passenger terminal building, the provision of parks around the water treatment pool and public spaces is also a solution for add to the green open space for this airport area.Functional Planning, with the separation and placement of zones that are designed with attention to the circulation of users of the passenger terminal building so that activities will run optimally at busy times, the spatial arrangement formed is also based on spatial organization from the main one, to the supporting spaces at Spatial Quality, can help arrange space placement in harmony with the hierarchy of the existing space in the passenger terminal building.Building Form, formed from simple geometric shapes by making the SMB II airport passenger terminal building a building with a contrasting height but still in accordance with the applicable KKOP regulations, the shape of the building mass aligns the existing apron so that it can facilitate movement for aircraft, and passengers. passengers or prospective passengers. Aesthetic aspects by paying attention to the rhythm created by the shape of the building, the use of a wide span on the golden roof of the building to characterize the passenger terminal building of the SMB II international airport. The structure system on the roof uses a wide span in the form of Star Truss, Use of Materials in this building uses Low Emissivity Glass (low-emission glass) or commonly known as Low-E Glass, the use of this material aims to reduce heat on the inside building. Then in the aspect of the Environment Control System, it applies the use of recycled water from the storage pool, which can be reused for airport needs.The application of the High Technology approach in airport passenger terminal design supports passenger terminal buildings that will continue to operate and support activities in the city of Palembang in the future and keep abreast of the times.