DETAIL KOLEKSI

Analisis kekuatan stay cover dari material polimer scooter matic

1.0


Oleh : Sigit Lestiadi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Tono Sukantono

Subyek : Motorcycles - Equipment and supplies

Kata Kunci : motorcycle part, stay fr cover, ANSYS

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_TA_STM_061001700533_Halaman-Judul.pdf 9
2. 2019_TA_STM_061001700533_Lembar-Pengesahan.pdf 3
3. 2019_TA_STM_061001700533_Bab-1_Pendahuluan.pdf 2
4. 2019_TA_STM_061001700533_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2019_TA_STM_061001700533_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2019_TA_STM_061001700533_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2019_TA_STM_061001700533_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2019_TA_STM_061001700533_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2019_TA_STM_061001700533_Lampiran.pdf

S aat ini perkembangan teknologi industri terutama di bidang otomotif sepeda motor meningkat sesuai dengan kebutuhan pasar. Hal ini terlihat dari persaingan keluarnya model - model terbaru antar perusahaan sepeda motor baik kebutuhan untuk permintaan lokal maupun eksport.Selain variasi model sepeda tersebut jyga menuntut hasil yang berkualitas. Untuk mendukung kualitas tersebut maka pengujian kelayakn produk sampai ke tangan konsumen menjadi salah satu poin utama. Stay sr cover merupakan salah satu komponen yang terdapat di sepeda motor. Pada umumnya stay tersebut digunakan dengan menggunakan material ferro (Japan steel fero 270 c). Tetapi untuk stay fr cover merupakan komponen yang berfungsi sama dengan stay dengan menggunakan material polimer. Adapun fungsi yang di milik oleh kedua part tersebut memiliki kesamaan. Fungsi tersebut diantaranya sebagai tempat penyangga komponen part lainnya. Seperti head lamp, horn, cover fr, dan R/L wingker. Metode analisis yang digunakan dalam studi ini adalah metode elemen hingga pada perangkat lunak ANSYS. Hasil analisis struktur rangka dengan mengalami tegangan maksimum sebesar 11,61 MPa pada pengujian pembebanan statik. Tegangan maksimum yang di hasilkan dari pengujian pembebanan statik lebih kecil dibandingkan dengan tegangan luluh pada material yang digunakan untuk stay fr cover. Sedangkan defleksi maksimal pada sumbu z yaitu 0,416 mm.

C urrently, the development of industrial technology, especially in the automotive motorbike sector, is increasing according to market needs. This can be seen from the competition for the latest models among motorcycle companies, both for local and export demand. Apart from the variety of bicycle models, it also demands quality results. To support this quality, testing the appropriateness of products reaching consumers is one of the main points. Stay sr cover is one of the components found in a motorcycle. In general, the stay is used using ferrous material (Japan steel ferro 270 c). But to stay fr cover is a component that functions the same as stay using polymer material. The functions that are owned by the two parts have in common. These functions include as a place to support other part components. Such as the head lamp, horn, cover fr, and R / L wingker. The analytical method used in this study is the finite element method in ANSYS software. The results of the analysis of the frame structure by experiencing a maximum stress of 11.61 MPa in the static loading test. The maximum stress resulting from the static loading test is smaller than the yield stress on the material used to stay fr cover. While the maximum deflection on the z-axis is 0.416 mm.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?