Hubungan antara kekuatan motivasi diri, dukungan orang tua, dan pemanfaatan waktu dengan prestasi akademik mahasiswa kedokteran
P restasi akademik pada umumnya merupakan tujuan utama bagi siswa yang menuntut ilmu, baik dari sekolah dasar hingga menjadi mahasiswa. Prestasi akademik seseorang ditunjang oleh beberapa faktor pendukung, secara internal dalam diri mahasiswa itu sendiri atau didapat secara ekternal. Tujuan dari penelitan ini untuk menganalisis hubungan kekuatan motivasi dengan prestasi akademik mahasiswa. Selain itu, diteliti pula variabel lain yaitu faktor dukungan orang tua dan faktor pemanfaatan waktu. Jenis penelitan yang digunakan adalah analitik observasional dengan menggunakan desain pendekatan potong silang (cross-sectional). Penelitian ini diakukan pada Mahasiswa Kedokteran angkatan 2012 dengan jumlah sampel sebanyak 166 orang. Data diperoleh dengan cara pengisian kuesioner. Analisis menggunakan SPSS For Windows versi 17.0 dengan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0,05. Hasil peneliian menunjukkan bahwa terdapat 1 variabel yang tidak berhungan dengan prestasi akademik mahasiswa yaitu kekuatan motivasi dengan nilai p = 0,255, dan terdapat 2 variabel berhubungan yang terdapat hubungan dengan prestasi akademik mahasiswa yaitu faktor dukungan orang tua dengan nilai p = 0,027 dan faktor pemanfaatan waktu dengan nilai p = 0,016. Hasil penelitian yang dilakukan pada 166 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti angkatan 2012 menunjukkan tidak adanya hubungan bermakna secara statistik antara kekuatan motivasi dengan prestasi akademik mahasiswa. Namun, terdapat hubungan bermakna secara statistik antara dukungan orang tua dan pemanfaatan waktu dengan prestasi akademik mahasiswa
A cademic achievement generally is a major goal for students who pursue a study, starting from primary school up to becoming college students. A person's academic performance is supported by a number of supporting factors, which are internally, within the student themselves or acquired externally. The purpose of this study is to analyze the relationship between the power of motivation and students' academic achievement. In addition, other variables that are also examined are parents’ support factor and time usage factior. This type of study is analytical observational using cross-sectional approach design. This research was conducted at the medical students the 2012 with total sample as many as 166 people. The data was obtained by the filling of questionnaire and analyzed by Chi-Square test, with a level of significance of 0.05 magnitude is used. The results showed that there was one variable that is not related to student’s academic achievement, namely the power of motivation with a value of p = 0,255, and there are two related variables that are connected with the academic achievement of students, which are the parents’ support factor with the value of p = 0,027 and the time usage factor with the value of p = 0,016. Results of research conducted on 166 Faculty of Medicine Trisakti University Students in the 2012 shows no statistically meaningful relationship between the power of motivation with students' academic achievement. However, there is a statistically significant relationship between parents' support and time usage with student’s academic achievement.