Hubungan kualitas tidur dengan prestasi belajar pada siswa SMA
P restasi belajar atau prestasi akademik merupakan hasil belajar yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah yang bersifat kognitif dan menilai sejauh mana siswa menguasai bahan pelajaran yang telah diberikan. Prestasi belajar merupakan tolak ukur yang utama untuk mengetahui keberhasilan belajar seseorang, dimana terdapat banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar itu sendiri, salah satunya adalah kualitas tidur. Maka dari itu, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan prestasi belajar pada siswa SMA.METODEPenelitian ini menggunakan desain penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi cross sectional (potong silang), yang mengikutsertakan 228 siswa SMA Negeri 47 Jakarta kelas X dan XI. Untuk mengetahui kualitas tidur, data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner berupa Pittsburgh Sleep Quality Index ( PSQI ) , dan untuk mengetahui prestasi belajar data dilihat dari rata-rata nilai rapot siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan program SPSS 21 dan Analisis data dengan menggunakan Uji Spearman dengan tingkat kemaknaan 0,05.HASILHasil Uji Spearman menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan bermakna secara statistik antara kualitas tidur dengan prestasi belajar (p = 0,653).KESIMPULANPenelitian ini menunjukan tidak terdapatnya hubungan bermakna antara kualitas tidur dengan prestasi belajar pada siswa SMA Negeri 47 Jakarta.
A cademic achievements is the result of learning, gained from learning activities in schools that are cognitive and assess the extent to which students master the lesson material that has been given . Learning achievement is the main yardstick to determine the success of one's learning , where there are many factors that affect the learning achievement itself , one of which is the quality of sleep . Therefore , it is necessary to do research that aims to determine whether there is a relationship between quality of sleep and academic achievement in senior high school studentsMETHODSThe study used an observational study with cross sectional design that included 228 students from SMA Negeri 47 Jakarta. In addition, to determine sleep quality criteria, data collected by using a Pittsburgh Sleep Quality Index ( PSQI ) questionnaire, and for academic peformance using a school report. Processing techniques using SPSS version 21 and data analysis performed with Spearman and the significance level was set at 0,05.RESULTSSpearman test results show there is no significant relationship between Quality of Sleep and Academic Achievement (p = 0,653).CONCLUSIONSThe study revealed that there is no significant association between Quality of Sleep and Academic Achievement in 47 Negeri Jakarta Senior High School Students.