Pola tingkat kebisingan lalu lintas kendaraan di Terminal Bus Grogol dan ruas Jalan Kyai Tapa Depan Kampus A Universitas Trisakt Grogol
S eiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan terutama dikota-kota besar menyebabkan tingkat kebisingan lingkungan menjadi semakin tinggi dan melampaui batas kenyamanan dan kesehatan manusia. Tugas akhir ini berupa penelitian tingkat kebisingan didaerah perkotaan dari kebisingan yang bersumber dari lalu lintas Jalan Raya dan juga Terminal Grogol yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pola tingkatkebisingan dikampus A Universitas Trisakti berdasarkan Kep Men LH No48/11/MENLH/1996 yang diakibatkan oleh lalu lintas kendaraan bermotor dijalan Kyai Tapa dan Terminal Grogol serta untuk dapat mengetahui sumber bising berdasarkan jenis kendaraan yang sangat mengganggu. Variable yang diamati adalah : jumlah kendaraan beimotor yang melintas, kegiatan kendaraan di Terminal Grogol, jenis kendaraan, lfocepafan kendaraan, serta jarak antara sumber kebisingan dengan penerirna.Bising dapat diartikan sebagai suara yang tidak dikehendaki kehadirannya. Sumber bising dapa dikelom:Rokan secara garis besar dalam :sumber bising bergerak dan sumber bising yang diam. Kebisingan yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor pada umumnya dipengafiihi oleh : Mesin,, Sistem pembuangan sisa pembakaran, Jenis bahan bakar, gesekan ban dengan jalan, turbulensi aerodinamik badan kendaraan, vibrasi kendaraan,. Untuk kebisingan lalu lintas ditetapkan beberapa kriteria yang menunjukan tingkat gangguan yang diterima oleh masyarakat,kriteria tersebut adalah tingkatan desil, Leq, LNP, TNI.Data laporan yang diambil selain tingkat kebisingan, juga volume kendaraan selama 24 jam, dan jenis kendaraan Nilai Leq, LNP, serta TNI didaerahI penelitian telah melewati batas baku mutu yakni sebesar 55 dB(A). Nilai Lsm didekat Gedung S Universitas Trisakti sebesar 75.3 dB(A), Nilai LNP sebesar 87.4 dB(A), Nilai TNI sebesar 85.4 dB(A), dan nilai Leq sebesar 82.5 dB(A), sedangkan baku mutu menurut Kep Men No 48/MENLH/11/1996 adalah 55 dB(A). Demikian Pula daerah II Lsm didekat Gedung D Universitas Trisakti sebesar 72.3 dB(A), Nilai LNP sebesar 85.0 dB(A), Nilai TNI sebesar 78.7 dB(A). dan nilai Leq didaerah penelitian sebesar 74.6 dB(A).Koefisien korelasi serta signifikan yang didapat menunjukan bahwa kecepatan kendaraan yang melintas lebih mempengaruhi kebisingan dibandingkan dengan jumlah kendaraan yang melintas .. Sumber bising pada daerah I dan II adalah Truk, Motor, Sedan, Mini bus. Upaya pengendalian untuk mengurangi kebisingan terutama pada daerah penelitian yaitu dengan menanam tanaman perdu di sepanjang pagar Terminal dan Kampus.
A long with the increasing number of vehicles, especially in big cities, the level of environmental noise becomes higher and exceeds the limits of human comfort and health. This final project is in the form of a study of noise levels in urban areas from noise originating from highway traffic and also Grogol Terminal which is caused by motorized vehicles. MENLH / 1996 caused by motorized traffic on the Kyai Tapa road and Grogol Terminal and to be able to find out the source of noise based on the type of vehicle that is very disturbing. Variables observed were: the number of beimotor vehicles that passed, the activity of vehicles in the Grogol Terminal, the type of vehicle, vehicle accuracy, and the distance between the noise source and the receiver. Bising could be interpreted as an unwanted sound presence. Noise sources can be grouped: Outline in internal: moving noise sources and silent sources of noise. Noise caused by motorized vehicles is generally affected by: Engine ,, exhaust system, combustion, fuel type, tire friction with the road, aerodynamic turbulence of the vehicle body, vehicle vibrations ,. For traffic noise, several criteria are set which indicate the level of disturbance received by the community, these criteria are the level of decile, Leq, LNP, TNI. , and the TNI in the area of ​​research have passed the quality standard limit of 55 dB (A). The Lsm value near the S Building of Trisakti University was 75.3 dB (A), the LNP value was 87.4 dB (A), the TNI value was 85.4 dB (A), and the Leq value was 82.5 dB (A), while the quality standard according to Kep Men No. 48 / MENLH / 11/1996 is 55 dB (A). Likewise, PES II area near Building D of Trisakti University was 72.3 dB (A), the LNP value was 85.0 dB (A), the TNI value was 78.7 dB (A). and the Leq value in the study area is 74.6 dB (A). Correlation coefficient and significant obtained show that the speed of passing vehicles affects more noise than the number of vehicles passing through .. The noise sources in regions I and II are Trucks, Motorcycles, Sedans, Mini the bus. Control efforts to reduce noise, especially in the study area, are by planting shrubs along the fence of the Terminal and Campus.