Usulan strategi peningkatan daya saing dengan menggunakan Metode Matriks Konsumen pada LBB Sony Sugema College Jakarta
L embaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa . Agar dapat bersaing dengan kompetitornya , LBB Sony Sugema harus berusaha meningkatkan daya saingnya. Untuk meningkatk an kepuasan pelanggan terhadap jasa yang dihasilkan, perusahaan harus mampu memberikan apa yang diinginkan oleh para konsumen. Namun kenyataannya, tingkat performansi Sony Sugema college masih belum memenuhi keinginan konsumen .Untuk itu perusahaan perlu mengadakan analisa pasar untuk mengetahui posisinyadibandingkan dengan kompetitornya dan untuk mengidentifikasikan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan matriks konsumen dan dilaksanakan selama bulan Oktober November 2004, dengan melakukan wawancara, brainstorming, dan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data sekunder dan primer perusahaan .Pertama, penulis melakukan depth in interview kepada pihak management untuk kemudian dilanjutkan dengan pembuatan kuesioner penelitian. Untuk penyebaran kuesioner awal dilakukan pretest sebanyak 30 responden dan bila dinyatakan lulus uji baru dilanjutkan dengan 100 responden berikutnya. Kemudian data diolah untuk mendapatkan Perceived Use Value (PUV) dan Perceived Price (PP). PUV dan PP SSC masing-masin g sebesar 3.474 dan 3.27. Sementara kompetitornya masing-msing memiliki pasangan PUVIPP sebesar 3.350/3.1 1 untuk GO, 3.465/3.07 untuk BTA, 3.314/3.76 untuk Primagama. Hasilnya digambarkan dalam bentuk matriks konsumen. Selain itu dilakukan pengujian dengan program SPSS 11.5 yaitu uji friedman dan Uji Crosstab. Untuk tingkat Kepuasan dan kepentingan responden, penulis menyusun peta kuadran.Ketiga hasil analisa ini digunakan untuk menentukan strategi peningkatan daya saing Sony Sugema College yaitu dengan memilih rute 8 dengan minimal koordinat PP,PUV sebesar (3.15 , 3.554). Strategi ini berarti peningkatan perform ansi terutama pada dimensi detail kenyamanan dan kebersihan kelas, fasilitas LBB, jumlah siswa di dalam kelas dan tersedianya buku suplemen. Selain itu, perlu diadakan peningkatan performansi padadimensi lainnya agar sse mampu bertahan dan bersaing dengan kompetitornya.
L embaga Bimbingan Belajar Sony Sugema College is a kind of Service company. To rival with another competitors, LBB Sony Sugema College has to increase their competitive strategy. The company must have the ability to fulfill what the customer' s needs by improving customer satisfaction according to the service they give. But obviously, SSC's performance doesn't satisfy the customer.There for the company needs to do some market research to identify their position in the market according to the competitors and to identify the consumer needs. This research is using customer matrix and it has been done from October 2004-November 2004 by doing some interview, brainstorming and surveys to get primary and secondary data.First of all, the writer does depth in interview with the company's management andthen designs Questionnaire. The writer distributes pretest to 30 respondent. After the data valid, the questionnaires was given to another 100 respondents. The Perceived Use Value of SSC is 3.474 and the Perceived price is 3.27. Meanwhile , PUV/PP GO is 3.35/3.11, BTA is 3.465/3.07, and 3.314/3.76 for Primagama. It shown in costomer matrix. Then, the research continued by doing the friedman test and crosstab test using SPSS 11.5 for Windows.This analysis is used for choosing the best competitive strategy for SSC. The 8route is chosen. It means SSC has to increase their consumer perception according to th eirperformance until 3.554 and they have to decrease the perception of price up to 3.15. Itmeans sse has to improve many dimensions in their company especially improving thefacilities , controlling the number of students in every class, and also improvingsupplement books.