faktor yang mempengaruhi akuntansi kreatif
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, komitmen kepada standar etika, dan karakteristik kualitatif informasi akuntansi terhadap akuntansi kreatif. Teknik sampling yang digunakan adalah adalah convenience sampling. Kuesioner disebarkan ke 210 orang dan yang dikembalikan sebanyak 190 orang, dengan kata lain respon rate sebanyak 90%. Dari 190 kuesioner yang dikembalikan, semua dapat dipergunakan. Pengolahan data dilakukan dengan uji validitas, realibilitas, goodness of fit model, dan uji analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap akuntansi kreatif, komitmen kepada standar etika berpengaruh negatif dan signifikan terhadap akuntansi kreatif, dan karakteristik kualitatif informasi akuntansi berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap akuntansi kreatif.
T his study aims to determine the effect of knowledge, commitment to ethical standards, and qualitative characteristics of accounting information on creative accounting. The sampling technique used is convenient sampling. The questionnaire was distributed to 210 people and returned as many as 190 people, in other words the response rate was 90%, of the 190 questionnaires returned all could be used. Data was processed by validation, realibility, goodness of fit model, and path analysis test. The results of this study are that knowledge has a positive but not significant on creative accounting, Commitment to ethical standards have a negative and significant on creative accounting, and the qualitative characteristics of accounting information have a negative but not significant on creative accounting.