Hubungan pengetahuan ibu tentang toilet training dengan konstipasi anak usia 2-4 tahun
K onstipasi adalah keadaan kesulitan saat defekasi dengan feses yang keras dan kering serta frekuensi buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam seminggu. Penyebab konstipasi pada anak salah satunya yaitu adanya paksaan toilet training dari orangtua dan anak menolak untuk menggunakan toilet. Toilet training adalah suatu usaha untuk melatih anak mengontrol buang air besar dan buang air kecil. Kegagalan toilet training dapat terjadi bila mengajarkan toilet training terlalu dini, adanya perlakuan atau aturan yang ketat dari orangtua kepada anak dalam toilet training, kebiasaan ibu, dan pengetahuan ibu tentang toilet training. Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain Cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple random sampling pada ibu yang memiliki anak usia 2-4 tahun di beberapa PAUD yang terdapat di kota Duri - Riau pada Januari sampai Februari 2017. Jumlah responden sebanyak 79 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner data karakteristik, kuesioner riwayat penyakit, kuesioner konstipasi fungsional menggunakan kriteria Rome III, dan kuesioner pengetahuan ibu tentang toilet training. Analisis data menggunakan uji alternatif Chi-Square. Dari 79 responden, sebesar 47 orang (59,5%) ibu yang memiliki pengetahuan toilet training dengan kategori baik dan 77 orang (97,5%) anak yang tidak konstipasi. Hasil menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan konstipasi pada anak usia 2-4 tahun dengan p = 0,462 (p > 0,05). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan konstipasi pada anak usia 2-4 tahun di beberapa PAUD yang terdapat di kota Duri - Riau.
C onstipation is a state of difficulty during defecation with hard and dry feces and a frequency of defecation that is less than 3 times a week. One of the causes of constipation in children is the forced toilet training from parents and children refusing to use the toilet. Toilet training is an effort to train children to control defecation and urination. Toilet training failures can occur when teaching toilets is too early training, strict treatment or rules from parents to children in toilet training, mother's habits, and mother's knowledge of toilet training. This study used an observational analytic study with a cross-sectional design. Sampling was carried out by means of Simple random sampling for mothers who had 2-4 years old children in some PAUD located in the city of Duri - Riau from January to February 2017. The number of respondents was 79 people. Data collection using characteristic data questionnaire, disease history questionnaire, functional constipation questionnaire using Rome III criteria, and maternal knowledge questionnaire about toilet training. Data analysis using Chi-Square alternative test. Of the 79 respondents, 47 people (59.5%) mothers had good toilet training knowledge and 77 (97.5%) children who were not constipated. The results showed that there was no significant relationship between maternal knowledge about toilet training and constipation in children aged 2-4 years with p = 0.462 (p> 0.05). It can be concluded that there is no relationship between maternal knowledge about toilet training and constipation in children aged 2-4 years in some PAUD located in the city of Duri - Riau.