Pengaruh perceived quality of destination website terhadap wllingness to participate in online co-creation experiences pada pengguna situs web Traveloka
S itus web tujuan resmi (Official Destination Website, ODW) adalahkomponen kunci untuk proses pengambilan keputusan yang dilakukan olehpengunjung. Situs web resmi bertindak sebagai saluran langsung di manapengunjung dapat berbagi pengalaman dan pendapat tentang perjalanansebelumnya atau perjalanan yang akan dilakukan. Tujuan penelitian ini dilakukanadalah untuk mengusulkan dan mengevaluasi model yang mengajukan perceivedquality of destination website sebagai faktor determinan untuk memprediksiwillingness to participate in online co-creation experiences.Dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif gabungan,penelitian ini memberikan penelitian eksploratif yang meneliti quality ofdestination website dan pengaruhnya terhadap willingness to participate in onlineco-creation yang dilakukan pada pengguna situs web Traveloka. Travelokamerupakan perusahaan menawarkan layanan jasa pemesanan tiket pesawat danhotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia.Sebanyak 91 pengguna situs web Traveloka telah berpartisipasi sebagairesponden dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini mendukung seluruhhipotesis mengenai co-creation, online co-creation experience, tourismdestination website, dan website quality. Penelitian ini menghasilkan implikasibagi manajer sumber daya manusia mengenai situs web Traveloka untuk membangun niat seseorang untuk berpartisipasi dalam online co-creation.
T he Official Destination Website (ODW) is a component of the processcarried out by visitors. The official website is used as a direct channel wherevisitors can share experiences and opinions about previous trips or trips to bemade. The purpose of this study was to find out and evaluate the modelsconsidered as the quality of the destination website as a determinant factor toreflect the willingness to participate in online co-creation experiences.Using qualitative and quantitative methods, this research providesexplorative research on the quality of the destination site and its influence on thewillingness to participate in online co-creation conducted by users of theTraveloka website. Traveloka is a company that offers ticket and hotel servicesspecifically with a focus on domestic travel in Indonesia.A total of 91 users of the Traveloka website have become respondents inthis study. The results of this study support all hypotheses about co-creation,online co-creation experiences, tourist destination websites, and website quality.This study has implications for web human resource managers to help buildcommunities in online creation.