Kampanye sosial membiasakan anak bersedekah di usia dini melalui kotak amal edukatif pada lingkungan Paud Yarsi
P enulisan ini dilatar belakangi oleh kepentingan pembelajaran desain khususnya perancangan identitas visual dan kampanye sosial Membiasakan Anak Besedekah Di Usia Dini Melalui Kotak Amal Edukatif Pada Lingkungan PAUD YARSI dalam program ‘Sedekah Asyik!’. Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, peneliti diharapkan dan merancang identitas visual yang tepat sesuai dengan segmentasi yang ditunjukan beserta media kampanye sosialnya. Masalah umum pembuatan penulisan ini mengenai bagaimana perancangan identitas visual kampanye program ‘Sedekah Asyik!’ yang unik, menarik dan informatif, namun tetap sesuai dengan target segmentasinya.Melalui penasaran ini, pemecah masalah dilakukan dengan metode deskriptif, melalui penelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan desain komunikasi visual.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada, dengan membuat identitas visual sesuai dengan segmentasi ke arah anak anak murid, orangtua maupun pendidik PAUD YARSI. Demi meningkatkan semangat anak-anak dalam kegiatan bersedekah. Menarik orang tua murid serta pengajar untuk ikut serta dalam mengawasi serta berpartisipasi dalam mendorong anak untuk gemar bersedekah. Perancangan yang dilakukan berwujud identitas baru dalam kampanye sosial program ‘Sedekah Asyik!’ dengan kotak amal edukatif, media cetak dan merchandise yang dapat menunjang perancangan yang dilakukan.
T his writing is motivated by the importance of design learning, especially the design of visual identity and The Social Campaign Discussing Children To Preserve In Early Age Trough Educational Charity Box In PAUD YARSI Environment in program ‘Sedekah Asyik!’. Through the writing of an introductory scientific paper for this thesis, the researcher is expected to design an appropriate visual identity in accordance with the segmentation shown along with his social campaign media. The general problem of making this writing is about how to design a visual identity care for the program campaign ‘Sedekah Asyik!’ which is unique, interesting and informative, but still in accordance with the target segmentation.Through this curiosity, problem solvers are carried out using descriptive methods, through qualitative research, and using a visual communication design approach.As for what was presented at this writing to solve the existing problems, by creating a visual identity in accordance with the segmentation towards students, parents and YARSI PAUD educators. In order to increase the enthusiasm of children in charity activities. Attract parents and teachers to participate in supervising and participating in encouraging children to love charity. The design is carried out in the form of a new identity in the social campaign program 'Sedekah Asyik!' social campaign with educational charity box and print media and merchandise that could support the design.