Fungsi fasilitasi ruang publik terpadu ramah anak pada kegiatan tumbuh kembang anak di RPTRA Kalijodo dan Cipinang Besar Selatan
S alah satu fungsi ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) adalah sebagai taman ruang publik, wahana permainan dan tumbuh kembang anak (Peraturan Gubernur No.196 tahun 2015). Belum diketahuinya fungsi fasilitasi elemen RPTRA pada kegiatan tumbuh kembang anak menjadi persoalan dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui elemen-elemen RPTRA yang berfungsi memfasilitasi kegiatan tumbuh kembang anak. Secara umum elemenelemen RPTRA terdiri atas taman bermain, lapangan olahraga, selasar/pendopo, dan perpustakaan. Lokasi penelitian dipilih RPTRA Cipinang Besar Selatan dan RPTRA Kalijodo karena memiliki kelengkapan elemen RPTRA yang sama. Teknik analisis menggunakan uji statistik one sample test untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan seluruh elemen RPTRA yang diteliti memfasilitasi kegiatan tumbuh kembang anak. Dalam hal ini berperan unsur pengelola RPTRA yang mengajarkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan anak-anak ketika bermain. Dengan demikian untuk memfasilitasi tumbuh kembang anak, pemerintah daerah diharapkan dalam pengadaan RPTRA diperhatikan pula kualitas pengelolanya.
O ne of the functions of the integrated kid-friendly public space (RPTRA) is as a park, playground, and kid-becoming activity spaces (Governor Regulation No. 196 of 2015). The unknown facilitation function of the RPTRA element in kidbecoming activity is an issue in this study. The purpose of this study was to find out the elements of RPTRA that function to facilitate the kid-becoming activity. In general, elements of RPTRA consist of playgrounds, sports fields, hallways, and libraries. Two cases were chosen namely Cipinang Besar Selatan RPTRA and Kalijodo because both of them had the same elements. The method analysis used was one sample test. The results showed that all elements of the RPTRA studied facilitated kid-becoming activity. In this case, the RPTRA management plays a role in teaching things allowed and not allowed for kids when they’re playing. Thus, to facilitate kid-becoming activity, the local government is expected to pay attention to provide the good quality of RPTRA management.