pengaruh kualitas audit dan ukuran perusahaan terhadap earning management
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas audit dan ukuran perusahaan terhadap praktik earning management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data dengan mengakses situs resmi bursa efek Indonesia yaitu http://www.idx.co.id/ untuk mengunduh laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit dan laporan audit perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 14 perusahaan manufaktur makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis regresi berganda digunakan untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kualitas audit berpengaruh negatif terhadap earning management dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap earning management
T his research has the objective to find the relationship between audit quality and firm size towards earning management. This research was using a quantitative approach by accessing Indonesian Stock Exchange‟s website at http://www.idx.co.id/ to download companies‟ audited financial report and audit report as the method for data collection. The sample which was used in this research consists of 14 food and beverage manufacturing company listed in Indonesia Stock Exchange. Multiple regression analysis method was used to find a relationship between each variable. This research found that audit quality negatively related to earning management and firm size did not relate to earning management.