Pengaruh kualitas pelayanan pajak, pemahaman peraturan perpajakan serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi kasus pada wajib pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kembangan)
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak, pemahaman peraturan perpajakan, serta sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi kasus pada wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kembangan). Sampel dalam penelitian ini 100 wajib pajak. Metode pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kualitas pelayanan pajak berpengaruh dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. (2) Pemahaman peraturan perpajakan berpengaruh dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. (3)Sanksi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak.
T his study aims to determine the effect of the quality of tax services, the understanding of tax laws, as well as tax sanctions on the compliance of individual taxpayers (case studies on taxpayers registered in the Office of Tax Service Primary Kembangan). The sample in this study 100 taxpayers. Methods of collecting data with questionnaires. Data analysis technique used is multiple regression analysis. The results of this study indicate: (1) the quality of tax services have an effect on and significantly to taxpayer compliance. (2) Understanding of tax regulation have an effect on and significant to taxpayer compliance. (3) Tax penalties have no effect on taxpayer compliance.