Pengaruh sense of calling terhadap career satisfaction melalui knowledge sharing pada karyawan divisi produksi di PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur pengaruh sense of calling terhadap career satisfaction melalui knowledge sharing. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sense of calling, variabel intervening dalam penelitian ini adalah knowledge sharing, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah career satisfaction. Jumlah karyawan yang ada pada divisi produksi bejumlah 131 orang. Metode penarikan data menggunakan sensus dengan mendistribusikan kuisioner kepada seluruh responden. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hypothesis testing dengan structural equation model (SEM) sebagai alat analisisnya.Hasil temuannya adalah sense of calling berpengaruh positif terhadap career satisfaction dengan nilai estimasi sebesar 0,716. Sense of calling berpengaruh positif terhadap knowledge sharing dengan nilai estimasi sebesar 0,569. Knowledge sharing berpengaruh positif terhadap career satisfaction dengan nilai estimasi sebesar 0,321. Sense of calling berpengaruh positif terhadap career satisfaction yang dimediasi oleh knowledge sharing nilai estimasi sebesar 0,256.Saran untuk penelitian lebih lanjut agar menambahkan beberapa variabel dan penelitian dilakukan di sektor jasa lainnya.
T his study aims to identify and measure the influence of sense of calling on career satisfacion through knowledge sharing. The independent variables in this study is the sense of calling, an intervening variable in this study is the knowledge sharing while the dependent variable in this study is the career satisfaction. The number of employees at the production amounted 131 people. The method by which the data using census by distributing questionnaires to all respondents. The design of the study is hypothesis testing with structural equation modeling (SEM) as a tool of analysis.The findings are the sense of calling a positive influence on career satisfactionwith estimated value of 0,716. Sense of calling a positive influence on knowledge sharing with the estimated value of 0,569. Knowledge sharing positive effect on career satisfaction with the estimated value of 0,321. Sense of calling positive effect on career satisfaction mediated by knowledge sharing estimated value of 0,256.Suggestions for further research in order to add some variables and research carried out in other service sectors.