DETAIL KOLEKSI

Analisis nilai daya tarik rencana pembangunan dry port terhadap kegiatan pengangkutan komoditi ekspor di provinsi Lampung


Oleh : Dian Cimultia

Info Katalog

Nomor Panggil : 083.49

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Pembimbing 1 : Jaap C. Levara

Pembimbing 2 : Anita Sitawati

Subyek : Transportation - Dry port;Cargo - Transportation

Kata Kunci : Panjang sea port, Time travel, Custom clearances

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2009_TA_PL_08304003_Halaman--judul.pdf
2. 2009_TA_PL_08304003_Bab-1.pdf
3. 2009_TA_PL_08304003_Bab-2.pdf
4. 2009_TA_PL_08304003_Bab-3.pdf
5. 2009_TA_PL_08304003_Bab-4.pdf
6. 2009_TA_PL_08304003_Bab-5.pdf
7. 2009_TA_PL_08304003_Daftar-pustaka.pdf 1
8. 2009_TA_PL_08304003_Lampiran.pdf

S aat ini Pelabuhan Panjang merupakan satu - satunya tempat untuk melakukan kegiatan kepabeanan dan suatu saat akan mempunyai kemampuan terbatas untuk pelayanannya. Untuk itu, pemerintah Provinsi Lampung merencanakan pembangunan dry port sebagai alternatif kegiatan kepabeanan dan transportasi angkutan barang ke pelabuhan. Pembangunan dry port tersebut ditunjang dengan adanya pengembangan Trans Sumatra Railways.Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai daya tarik dry port dari sisi calon pengguna. Analisis dilakukan dengan cara membandingkan biaya angkut dan waktu tempuh antara lintasan melalui jalan raya langsung ke arah pelabuhan dan apabila langsung melalui dry port.Hasil penelitian adalah (1) Perbedaan jarak lintasan melalui jalan raya ke arah pelabuhan dan apabila melalui dry port mendekati sama Oarak}, maka akan memberikan peluang penggunaan dry port oleh calon pengguna. Selain faktor jarak, ada faktor lain yang mempengaruhi besarnya biaya angkut yaitu faktor jenis komoditi yang diangkut; (2) Waktu tempuh bila menggunakan jasa dry port lebih dapat dipastikan (terjadwal}.

N ow days, Panjang Sea Port is the only place for custom clearance and it will has limit to serve one day. So, the government of Lampung Province plans to develop dry port as the alternative for custom clearances and cargo carrier to Panjang Sea port. The develop also supported by development of Trans Sumatra Railways.The aims to this research are to identify the interest value of dry port (cost and time) for exporter. Comparing between transporting cost and time travel from factory to Panjang Sea Port and if directly to dry port are used to analysis in this study.Results of this research are (1) Differences in the distance through the road crossing to the port, and when through the dry port near the same (distance)Results of research are (1) Differences in the distance through the road crossing to the port, and when through the dry port nearly the same (distance), it will provide opportunities dry port usage by prospective users. There are other factor that will affect the size of the transport cost, it is type of commodity that will transported, (2) Time travel when using the dry port services is more scheduled.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?