Pengaruh dimensi fraoud triangle,integritas mahasiswa,dan tingkat religiusitas terhadapperilaku kecurangan akademik(studi pada mahasiswa program studi S1 jurusan akuntansi Universita Triksati
P enelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh dimensi fraud triangle, integritas mahasiswa,dan tingkat religiusitas terhadap perilaku kecurangan akademik (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Jurusan Akuntansi Universitas Trisakti). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif jurusan akuntansi di Univeristas Trisakti. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling. Kuesioner yang didistribusikan berjumlah 680 salinan. Kualitas data diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian untuk analisa hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda pada software IBM SPSS 20.0. Hasil uji regresi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan dan rasionalisasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik, sedangkan integritas mahasiswa dan tingkat religiusitas berpengaruh negatif yang signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik.
T his research aimed to determine the influence of of the dimensions of fraud triangle, student integrity, and religiosity toward academic cheating behavior (studi on undergraduate accounting students of Trisakti University) The data used in this research are primary data in the form of questionnaires. Population in this research wereall active students majoring in accounting at Trisakti University. The sampling method was used proportionate stratified random sampling. Total questionnaires distributed were 680 copies. Data quality were tested by using validity test and reliability test. This research uses the multiple regression analysis as hypothesis testing on IBM SPSS 20.0. The regression result show that the dimensions of fraud triangle which consists of pressure, opportunity, and rationalization have significant positive effect toward academic cheating behavior; whereas student integrity and have significant negative effect toward academic cheating behavior.