Anteseden dan konsekuen dari kepercayaan pada Bank
Nomor Panggil : 2016_TA_MJ_022134025
Penerbit : FEB - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016
Pembimbing 1 : Willy Arafah
Subyek : Interactional fairness;Procedural justice
Kata Kunci : loyalty, outcome fairness, trust.
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2016_TA_MJ_022134025-Halaman-judul.pdf | 17 | |
2. | 2016_TA_MJ_022134025-Bab-1.pdf | 6 | |
3. | 2016_TA_MJ_022134025-Bab-2.pdf |
|
|
4. | 2016_TA_MJ_022134025-Bab-3.pdf |
|
|
5. | 2016_TA_MJ_022134025-Bab-4.pdf |
|
|
6. | 2016_TA_MJ_022134025-Bab-5.pdf |
|
|
7. | 2016_TA_MJ_022134025-Daftar-pustaka.pdf | 6 | |
8. | 2016_TA_MJ_022134025-Lampiran.pdf |
|
P enelitian ini membahas apakah ada pengaruh positif dan signifikan dari service fairness (outcome fairness, interactional fairness, dan procedural justice) terhadap trust yang selanjutnya akan mempengaruhi loyalty. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuisioner kepada 200 orang responden yang telah menjadi nasabah PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA). Penelitian ini akan menggunakan skala pengukuran likert (skala yang mengukur persepsi, misalnya setuju atau tidak setuju seseorang terhadap serangkaian pernyataan yang berkaitan dengan keyakinan atau perilaku mengenai suatu objek tertentu). Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengikuti kriteria tertentu. Alat analisa yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah Structural Equation Modelling (SEM). Uji validitas dilakukan menggunakan Confirmatory Factor Analysis berdasarkan pada Kaiser Meyer Olkin Measure of Sampling Adequancy (KMO MSA). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Outcome fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (2) Interactional fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (3) Procedural fairness mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap trust. (4) Trust mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalty. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi service fairness yang diberikan oleh karyawan bank maka akan semakin tinggi juga tingkat kepercayaan nasabah serta loyalitasnya. Bagi penelitian yang akan datang diharapkan untuk melakukan penelitian pada perhotelan atau restoran serta bidang jasa lainnya, dengan wilayah penelitian yang lebih luas.
Ã