Evaluasi sistem akuntansi piutang usaha pada PT. Angkasa Pura II (persero) Kantor Cabang Soekarno Hatta
P enyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sistem dan prosedur piutang usaha, pengendalian internal yang diterapkan serta untuk mengetahui hambatan yang di hadapi oleh PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Soekarno Hatta Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan dan merinci secara akurat dan sistematis obyek penelitian dengan cara mencari dan menemukan fakta yang ada dilapangan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian dilakukan dengan kunjungan langsung, wawancara dengan pihak yang terkait, dan membandingkan dengan teori yang ada untuk mengetahui pengendalian internal terhadap prosedur piutang usaha pada PT. Angkasa Pura II (Persero). Dari hasil evaluasi terhadap prosedur penerbitan piutang, pelunasannya hingga penghapusannya PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Soekarno Hatta telah melakukan pengendalian internal dengan cukup baik, dilihat dari sistem dan pengendalian internal yang sudah cukup baik, walaupun demikian prosedur, pengendalian internal dan sistem yang ada masih perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi
T he compiling of the thesis is purposed to know how the system and procedur of accounting receivable, internal control apply with to know the checked PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Soekarno Hatta across. The researche method using the descriptive kualitatif method which means it can provide illustration in detail and systematic the obyek research and fund fact. The data sources in use this case is primary data and secondary data. Technic in use to collect the data for this research is observation and interview related to required data in this research and compare with teory for to know how internal control side accouting receivable at PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Soekarno Hatta The evaluation result of procedure transaction accounting receivable, paying off of a debt and erase accounting receivable at PT. Angkasa Pura II (Persero) Branch Soekarno Hatta reveals that entire system can be considered to be effective and efficient based on the observation of system and internal control. However procedure, internal control, and system still needs to be improved and increased.