Pengukuran kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan pendidikan di Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Universitas Trisakti
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan jasa pendidikan yang diberikan oleh Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Trisakti, dengan cara mengukur tingkat harapan dan kenyataan yang dirasakan oleh mahasiswa terhadap pelayanan jasa pendidikan tersebut. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbaikan apakah yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan jasa pendidikan terhadap mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Trisakti. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Trisakti jurusan Akuntansi angkatan 2004 hingga 2009, sebanyak 180 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner (periode bulan Oktober 2010). Sampel dipilih berdasarkan metode Probability Sampling. Data diproses dengan menggunakan uji beda rata-rata antara nilai I tingkat harapan dan kenyataannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara harapan dan kenyataan yang dipersepsikan oleh mahasiswa, dalam hal keandalan, daya tanggap, kepastian, empati dan berwujud. Perbedaan harapan dan kenyataan terbesar terdapat pada variabel empati.
T his study aims to determine student satisfaction towards the services of education provided by the Faculty of Economics Majoring in Accounting at University ofTrisakti, by measuring the level of expectation and reality that is felt by the students . This study also aimed to determine whether the necessary repairs to improve the quality of education services to students at the Faculty of Economics Majoring in Accounting at University ofTrisakti. Samples are students of the Faculty of Economics majoring in Accounting Trisakti class of 2004 to 2009, as many as 180 people. Data were collected through a questionnaire (the period of October 2010). Samples were selected based on the method of Probability Sampling. Data processed by using different test average between the value I level of expectation and reality. The results show that there is a difference between expectations and reality are perceived by students, in terms of reliability, responsiveness, assurance, empathy and tangible. The biggest difference of hope and reality is on the variables of empathy.