Pengaruh brand personality terhadap trust in the brand, attachment to the brand dan commitment to the brand
T ujuan dari penelitian ini untuk menunjukkan model konseptual mengenai pengaruh langsung dan tidak langsung dari brand personality yang dirasakan oleh para pelanggan terhadap tiga konsekuensi dalam hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yaitu kepercayaan, kedekatan pelanggan, dan komitmen terhadap merek. Sebagai tambahan terhadap hubungan antara brand personality dan konsekuensi hubungan antara pelanggan dengan perusahaan, hubungan yang saling ketergantungan di antara konsekuensi juga dipertimbangkan. Rancangan Metodologi Pendekatan-Model diungkapkan dalam penelitian ini telah diujikan dengan model persamaan struktural. Data yang dikumpulkan dari sampel yang terdiri dari 150 pelanggan Carrefour yang merasakan kedekatan dari para pelanggan. Hasil Penelitian- Terdapat pengaruh positif brand personality dari perusahaan Carrefour terhadap trust in the brand. Sebagai tambahan adanya pengaruh secara tidak langsung terhadap komitmen melalui keterlibatan pelanggan dan kepercayaan terhadap merek. Keterbatasan Penelitianl Implikasi Model yang diungkapkan dalam penelitian menunjukkan tpengaruh tbrand tpersonality tterhadap ttiga tkonsekuensi pembentukan yaitu trust in the brand, attachment to the brand, dan commitment to the brand. Saran penelitian akan datang seharusnya membahas pengaruh brand personality terhadap konsekuensi lainnya seperti saja satisfaction, loyalty dan customer involvement. Implikasi Praktis- Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh brand personality terhadap hubungan dengan para pelanggan dalam mempertahankan merek. Adanya perangkat bagi para manajer untuk memperkuat hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang ingin mengembangkan dan mempertahankan merek dan para pelanggan sebagai target penjualan. Pola hubungan dari brand personality terhadap beberapa variabel trust, attachment to the brand, dan commitment to the brand disarankan pada penelitian akan datang. Originalitas/Nilai Model yang diungkapkan dalam penelitian ini menunjukkan semua pemahaman dari para peneliti dan para manajer yang mana menunjukkan brand personality memiliki pengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap hubungan antara pelanggan dengan suatu merek yang diukur dengan trust in the brand, attachment to the brand, dan commitment to the brand.
T he purpose of this research is to offer a model that incorporates both direct and indirect effects of brand's perceived personality on three major relational consequences of this construct: trust, customer involvement, and commitment to the brand. In addition to the links between brand personality and its trelational tconsequences, tthe tinterdependence tlinks tamongst tthese consequences are also considered. Design/methodology/ approachThe model proposed in this research was tested by means of structural equations modelling. The data were collected from a purposive sample of 150 Carrefour consumers which enjoys strong attacment to the brand with that target. FindingsThe brand personality ofCarrefour have positively influences on trust in the brand. In addition they have an indirect influence on commitment via attachment to the brand and trust in the brand. Research limitations/implicationsThe model proposed in the research shows the impact of brand personality on three major relational consequences of this construct: trust in the brand, attachment to the brand, and commitment to the brand. Future research should study the influence of brand personality on other consequences such as satisfaction, loyalty and customer involvement. Practical implications The research demonstrates that brand personality affects the type and strength of the relationship that consumers maintain with brands. It is a useful tool for managers to direct or reinforce the lasting relationship they want to develop or maintain between their brands and the consumers they target. Relational paths from brand personality to the variables trust, attachment to the brand, and commitment are suggested in this research. Originality/value The model proposed in this research refines the overall understanding that researchers and managers have of the direct or indirect impact of each brand personality trait on consumers' relationship with a brand, measured by trust, attachment to the brand, and commitment to the brand.