Analisis kesesuaian desain kapasitas baterai 240vdc terhadap beban pada sistem dc gas turbin 4.1 pt pln nusantara power up muara tawar
Penerbit : FTI - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Chaerul Gagarin Irianto
Kata Kunci : DC 240V system, battery capacity, operational load, emergency conditions, IEEE 485-2020, Muara Tawar
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2025_SK_STE_062002100016_Halaman-Judul.pdf | 10 | |
2. | 2025_SK_STE_062002100016_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | 1 | |
3. | 2025_SK_STE_062002100016_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | 1 | |
4. | 2025_SK_STE_062002100016_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
5. | 2025_SK_STE_062002100016_Lembar-Pengesahan.pdf | 1 | |
6. | 2025_SK_STE_062002100016_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | 1 | |
7. | 2025_SK_STE_062002100016_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | 1 | |
8. | 2025_SK_STE_062002100016_Bab-1-Pendahuluan.pdf | 3 | |
9. | 2025_SK_STE_062002100016_Bab-2-Landasan-Teori.pdf |
|
|
10. | 2025_SK_STE_062002100016_Bab-3-Metodologi-Penelitian.pdf |
|
|
11. | 2025_SK_STE_062002100016_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf |
|
|
12. | 2025_SK_STE_062002100016_Bab-5-Kesimpulan-dan-Saran.pdf | 2 | |
13. | 2025_SK_STE_062002100016_Daftar-Pustaka.pdf | 2 | |
14. | 2025_SK_STE_062002100016_Lampiran.pdf |
|
S istem dc 240v merupakan bagian krusial dalam penyediaan daya cadangan pada unit gas turbin 4.1 di pltgu muara tawar, terutama dalam kondisi darurat (blackout). baterai pada sistem ini berfungsi sebagai sumber daya sementara sebelum emergency diesel generator (edg) aktif. penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas baterai terhadap beban pada sistem dc 240v serta menganalisis performa baterai dalam kondisi normal dan darurat. metode yang digunakan meliputi perhitungan beban berdasarkan data operasional/aktual, analisis kapasitas baterai menggunakan standar ieee 485-2020. hasil analisis menunjukkan bahwa dalam kondisi normal, baterai mampu menyuplai daya selama 1,89 jam, namun dengan mempertimbangkan efisiensi penggunaan 80%, durasi aktual menjadi 1,51 jam. sementara dalam kondisi darurat, durasi suplai daya aktual sebesar 1,27 jam, yang masih memenuhi batas kebutuhan waktu aktivasi edg (5–10 menit, maksimal 30 menit). berdasarkan perbandingan dengan standar ieee 485-2020, desain kapasitas baterai memiliki margin keamanan yang cukup. berdasarkan hasil evaluasi pemeliharaan terakhir, seluruh parameter seperti tegangan sel, berat jenis elektrolit, dan resistansi internal masih berada dalam batas aman. kapasitas efektif rata-rata masih di atas 90%, dan berat jenis elektrolit telah dikoreksi suhu serta sesuai standar operasi. meski demikian, usia baterai yang telah mencapai lebih dari enam tahun menuntut perhatian khusus terhadap potensi degradasi performa di masa mendatang.
T he 240v dc system is a critical component in providing backup power to the gas turbine 4.1 unit at the muara tawar pltgu, especially during emergency conditions (blackouts). the battery in this system functions as a temporary power source before the emergency diesel generator (edg) is activated. this study aims to evaluate the battery capacity against the load on the 240v dc system and to analyze battery performance under both normal and emergency conditions. the methods used include load calculations based on actual operational data and battery capacity analysis using the ieee 485-2020 standard. the analysis results show that under normal conditions, the battery is capable of supplying power for 1.89 hours, but when considering 80% usage efficiency, the actual duration becomes 1.51 hours. in emergency conditions, the actual power supply duration is 1.27 hours, which still meets the edg activation time requirement (5–10 minutes, maximum 30 minutes). based on a comparison with the ieee 485-2020 standard, the battery capacity design has a sufficient safety margin. according to the latest maintenance evaluation, all parameters such as cell voltage, electrolyte specific gravity, and internal resistance remain within safe limits. the average effective capacity is still above 90%, and the electrolyte specific gravity has been temperature-corrected and complies with operational standards. nevertheless, the battery\\\'s age—exceeding six years—requires special attention due to the potential for future performance degradation.