DETAIL KOLEKSI

Perancangan papan permainan edukatif bertema keanekaragaman rempah indonesia


Oleh : Gema Genta Suci

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : D Adikara Rachman

Pembimbing 2 : Yosua Reydo Respati

Subyek : Board game - Design

Kata Kunci : Jamu, spices, visual media, education, board game.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_SK_SDK_091302000041_Halaman-Judul.pdf 16
2. 2024_SK_SDK_091302000041_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_SK_SDK_091302000041_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2024_SK_SDK_091302000041_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_SK_SDK_091302000041_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2024_SK_SDK_091302000041_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_SK_SDK_091302000041_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-1.pdf 5
9. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-2.pdf 10
10. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-3.pdf 3
11. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-4.pdf 12
12. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-5.pdf 15
13. 2024_SK_SDK_091302000041_Bab-6.pdf 1
14. 2024_SK_SDK_091302000041_Daftar-Pustaka.pdf 3
15. 2024_SK_SDK_091302000041_Lampiran.pdf 3

I ndonesia merupakan negara maritim dan agraris dengan kekayaan sumberdaya alam yang berlimpah, termasuk rempah-rempah yang telah dimanfaatkannenek moyang untuk membuat jamu. Jamu adalah bagian integral dari tradisi danbudaya Indonesia, namun modernisasi dan perubahan pola konsumsi menggeserminat masyarakat, terutama generasi muda, dari jamu ke minuman seperti kopi danteh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melestarikan keanekaragaman rempahdan memperkenalkan jamu kepada generasi muda melalui media visual yanginteraktif, seperti papan permainan. Papan permainan ini dirancang untukmemberikan edukasi yang menyenangkan tentang manfaat dan kekayaan rempah-rempah Indonesia. Dengan pendekatan yang inovatif, diharapkan dapatmeningkatkan minat generasi muda terhadap jamu dan mengubah persepsi negatifyang ada. Melalui perancangan visual yang melibatkan berbagai elemen permainandan media promosi, diharapkan upaya ini dapat membantu menjaga keberlanjutanindustri jamu tradisional serta memberikan dampak positif bagi kesehatanmasyarakat dan memperkuat identitas budaya Indonesia.

I ndonesia is a maritime and agrarian country with abundant naturalresources, including spices that have been used by ancestors to make traditionalherbal medicine known as jamu. Jamu is an integral part of Indonesian tradition andculture; however, modernization and changing consumption patterns have shiftedinterest away from jamu towards beverages like coffee and tea, especially amongthe younger generation. This study aims to preserve the diversity of spices andintroduce jamu to the younger generation through interactive visual media, such asboard games. The board game is designed to provide enjoyable education about thebenefits and richness of Indonesian spices. With an innovative approach, it is hopedto increase the interest of the younger generation in jamu and change existingnegative perceptions. Through the design of visual elements that include variousgame components and promotional support, this effort is expected to help sustainthe traditional jamu industry, positively impact public health, and strengthenIndonesia\\\'s cultural identity.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?