DETAIL KOLEKSI

Perencanaan kebutuhan kanal trafik pada hubungan msc timika 2 PT. Telkomsel ke pstn sampai tahun 2006


Oleh : Rudy Riswanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Indra Surjati

Subyek : Traffic control;Performance;Channels design

Kata Kunci : palnning, traffic channel, interconection, timika,

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Tidak Lengkap

P eningkatan jumlah pelanggan pada telekomunikasi bergerak selular GSM, telah mendorong beban trafik yang semak:in padat. Perkembangan ini menuntut tersedianya kanal trafik yang cukup dan efisien, sehingga memungkinkan semua panggilan dapat terlayani. Untuk menyediakan jumlah kanal trafik yang cukup dan efisien di masa yang akan datang, diperlukan perencanaan yang tepat dan optimal. Hal ini dapat tercapai dengan peramalan menggunakan perhitungan data-data trafik.Salah satu bagian yang penting dari perencanaan kanal trafik adalah pendimensian trunk.. Untuk menjamin kapasitas trunk.cukup menangani t:rafik. GoS (Grode of Service) pada saat jam sibuk harus ditentukan sebelum trunk yang baru dibangun atau trunk yang sudah adaakan ditambah.Pada Tugas Akhir ini, dimaksudkan untuk membahas perencanaan kebutuhan kanal trafik pada salah satu trunk yang ada di MSC Timika 2, trunk untuk hubungan MSC ke PSTN. Perencanaan ditujukan untuk alokasi kanal trafik yang harus disediakan sampai akhir tahun 2006.Pada trunk MSC ke PSTN, saat ini mempunyai 92 kanal trafik dan trafik rata-ratasebesar 14,91 Erlang, dengan kondisi tersebut performansi trafik yang terjadi adalah ; ASR sebesar 46,63o/o, SCH sebesar 83,73 call, MHTS selama 1,25 menit dan OCC sebesar 16,21%.

T he increasing of subscriber in GSM cellular telecommunications, has been pushing traffic load increasingly more severe. This development surely requires availability of adequate and efficient traffic channel which can enable all of the calls to be served. For this future purpose, an appropriate and optimal planning is needed. This can be achieved with forecasts use to traffic data acquisition.One important planning task is the dimensioning of trunk group. To insure sufficienttraffic handling capacity, the grade of service in the busy hour has to be decided, when newtrunk groups are to be installed or existing trunk groups are to be expanded.This final project is menat to study the traffic channels planning needs in a existing trunk groups in MSC Timika 2, which is used to make the connection from the MSC to PSTN. This planning objected to alocate the traffic channels that must be provided until the end of year 2006.Nowaday, in trunk groups that connection MSC to PSTN have 92 traffic channel withaverage traffic is 14,91 Erlang. By this condition, the traffic performance can be conclude this way : ASR equal to 46,63%, SCH as big as 83,73 calls, MHTS as long as 1,25 minutes and OCC as big as 16,21%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?