DETAIL KOLEKSI

Pengaruh fraud pentagon dan kepemilikan institusional terhadap kecurangan laporan keuangan (studi empiris perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di bei tahun 2021-2023).


Oleh : Giri Ramadhan Harrisy

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Murtanto

Kata Kunci : Fraud Pentagon, Institutional Ownership, Fraudulent Financial Statement.

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stabilitas keuangan,pengawasan efektif, rasio akrual, pergantian direksi, rangkap jabatan dan kepemilikaninstitusional terhadap kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakanmetode kuantitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder,yaitu menggunakan laporan keuangan perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalahperusahaan infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2021sampai dengan 2023. Kecurangan laporan keuangan terjadi karena terdapat beberapafaktor. Adapun faktor-faktor yang dimaksud antara lain adalah tekanan, peluang,rasionalisasi, kapabilitas, dan arogansi. Penelitian ini menggunakan metode purposivesampling yang menghasilkan 38 perusahaan dengan total pengamatan 114. Teknikanalisa yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji regresi linear berganda.Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa stabilitas keuangan,rasio total akrual dan kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadapkecurangan laporan keuangan. Sedangkan pengawasan efektif, pergantian direksi danrangkap jabatan berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.

T This research aims to investigate the influence of financial stability, effectivesupervision, accrual ratios, board turnover, duality of positions, and institutionalownership on financial statement fraud. The study employs a quantitative method,utilizing secondary data from company financial reports. The population consists ofinfrastructure companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) from 2021 to2023. Financial statement fraud occurs due to several factors, including pressure,opportunity, rationalization, capability, and arrogance. The research uses purposivesampling, resulting in 38 companies with a total of 114 observations. The analysistechnique employed in this study is multiple linear regression.The results indicate that financial stability, total accrual ratios, and institutionalownership have a negative impact on financial statement fraud. Meanwhile, effectivesupervision, board turnover, and duality of positions significantly affect financialstatement fraud

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?