Paradigma baru dalam tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia
D Dewasa ini tuntutan agar perusahaan-perusahaan tidak sekedar mengejar keuntungan semata, tetapi harus menunjukan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat terus mengemuka. Paradigma baru Corporate Social Responsibility (CSR) ke depan adalah CSR harus ditempatkan tidak hanya untuk memenuhi tanggung jawab sosial, tetapi menjadi bagian dari strategi bisnis perusahaan, sebagai investasi bukan beban, dan perlu sinergi dengan bisnis inti perusahaan, serta harus berorientasi pada pembangunan berkelanjutan. Praktek implementasi CSR, khususnya di Indonesia masih bersifat parsial, belum holistik, sebagaimana best practice konsep CSR yang berkembang diberbagai negara. Praktek CSR di Indonesia, seringkali dipahami secara keliru oleh Stakeholders CSR, yang akhirnya mengakibatkan manfaat keberadaan CSR bagi masyarakat dan perusahaan belum maksimal. CSR juga masih dipahami sebagai suatu community develompent program, philantropy, dan sebagai biaya. Padahal konsep CSR merupakan program yang holistik dan diharpakan memberikan manfaat kepada seluruh stakeholder.