Peranan lingkungan fisik dan sosial dalam menciptakan kepuasan pasien klinik gigi
K Keberadaan lingkungan pelayanan yang baik memegang peranan yang sangat penting dalam proses penyediaan pelayanan yang baik pelayanan kepada pasien. Lingkungan pelayanan di klinik gigi dapat mengembangkan emosi pasien bahkan sebelum merekamenerima layanan. Proses pelayanan dalam lingkungan fisik terdiri dari ambient dan design factor.Faktor lingkungan tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan oleh pasien, seperti kebersihan, kualitas udara, petirdan keamanan. Faktor desain berkaitan dengan tata ruang seperti desain ruangan, warna ruangan dan furniture.Jika tidak, lingkungan sosial yang baik harus diciptakan untuk kepuasan pasien. Emosi yang ditunjukkan karyawan dan iklim pelanggan memiliki pengaruh besar dalam membangun emosi pasien. Lingkungan layanan dapatmempengaruhi persepsi pasien tentang kualitas pelayanan klinik gigi. Kombinasi fisik yang baik danlingkungan sosial dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pasien selama proses pelayanan. Memilikiberkontribusi untuk menciptakan kepuasan dan loyalitas pasien dengan klinik gigi.
T The presence of good service environment played a very important role in the process of providing a goodservice to patients. Service environment in dental clinic can develop patient emotion even before theyreceived the services. Service process in a physical environment consists of ambient and design factor.Ambient factor cannot be seen but it can be felt by the patient, such as cleanliness, air quality, lightningand safety. Design factors are related with spatial layout such as room design, room color and furniture.Otherwise, good social environment should be created for patient satisfaction. Employee-displayedemotion and customer climate have a great effect in building patient emotion. Service environment caninfluence patient’s perception about the service quality of dental clinic. Combination of good physical andsocial environment can provide a pleasant experience for the patient during service process. It hascontributed to create a patient satisfaction and loyalty with a dental clinic.