DETAIL KOLEKSI

Hubungan kepercayaan dengan kepuasan telemedicine pada konsumen usia 18- 49 tahun


Oleh : Hashfi Nugraha Detriawan

Info Katalog

Nomor Panggil : S 1905

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Kurniasari

Subyek : Telecommunication in medicine

Kata Kunci : telemedicine, trust, telemedicine satisfaction, age

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_SKD_030001800034_Halaman-judul.pdf
2. 2022_TA_SKD_030001800034_Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-2_Tinjauan-literatur.pdf
5. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-3_Kerangka-konsep.pdf
6. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-4_Metode.pdf
7. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-5_Hasil.pdf
8. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-6_Pembahasan.pdf
9. 2022_TA_SKD_030001800034_Bab-7_Kesimpulan.pdf
10. 2022_TA_SKD_030001800034_Daftar-pustaka.pdf
11. 2022_TA_SKD_030001800034_Lampiran.pdf

T Telemedicine adalah layanan kesehatan yang dapat menghubungkan antara pasien dan pemberi pelayanan kesehatan dari jarak jauh. Pada tahun 2020 penggunaan semakin meningkat seraya dengan adanya pandemic Covid 19. Kepuasan terhadap layanan telemedicine ini berpengaruh pada pengembangan aplikasi kedepennya. Kepercayaan pada layanan merupakan hal penting bagi seseorang dalam menggunakan aplikasi telemedicine. Pada penelitian kali ini akan membahas hungan antara kepercayaan dengan kepuasan telemedicine. Analisis observasional dengan desain studi potong silang (cross sectional) dengan menggunakan kuesioner Patien Trust Assesment Tool (PATAT) dan Telemedicine Satisfaction Quetionnairre (TSQ) diukur dengan skala likert pada anggota / pegawai dari Forum HRD Tegar Beriman Kabupaten Bogor dan PT My Republic Kota Wisata yang sudah pernah menggunakan telemedicine dan tidak ada kendala teknis pada saat penggunaan aplikasi. Variabel yang akan diteliti adalah usia, kepercayaan, dan kepuasan telemedicine. Analisis data menggunakan uji Korelasi Spearman dan diolah dengan diolah dengan program SPSS V26.0 for windows dengan tingkat kemaknaan adalah 0,005. Hasil Analisis data antara Kepercayaan dengan Kepuasan Telemedicine mendapatkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai r 0,855 dan hasil analisi data antara Usia dengan Kepuasan Telemedicine mendapatkan nilai signifikansi 0,005 dengan nilai r -0,312. Factor kepercayaan terhadap organisasi mendapatkan nilai tertinggi yaitu dengan signifikansi 0,000 dan nilai r 0,821 sedangkan factor kepercayaan telemedicine service dengan kepuasan telemedicine mendapatkan nilai terendah yaitu nilai signifikansi 0,000 dan nilai r 0,597. Penelitian ini menunjukan antara variabel kepercayaan dengan kepuasan telemedicine mempunya korelasi dengan derajat korelasi sempurna serta bersifat positif. Sedangkan hubungan antara usia pasie dengan kepuasan telemedicine menunjukan adanya korelasi dengan derajat korelasi rendah serta bersifat negatif.

T Telemedicine is a health service that can connect patients and health care providers remotely. In 2020, usage of telemedicine is increasing along with the Covid 19 pandemic. Satisfaction with this telemedicine service has an effect on the development of its application. Trust in services is an important thing for someone in using telemedicine applications. In this study, we will discuss the relationship between trust and telemedicine satisfaction. Observational analysis with a cross-sectional study design used the Patien Trust Assessment Tool (PATAT) and Telemedicine Satisfaction Questionnaire (TSQ) questionnaires measured using a Likert scale on members/employees of the Tegar Beriman HRD Forum, Bogor Regency and PT My Republic Kota Wisata who have used telemedicine and there are no technical problems when using the application. The variables to be studied are age, trustworthiness, and telemedicine satisfaction. Data analysis used the Pearson Correlation test and processed with the SPSS V26.0 for windows program with a significance level of 0.005. The results of data analysis between Trust and Telemedicine Satisfaction got a significance value of 0.000 and an r-value of 0.855 and the results of data analysis between Age and Telemedicine Satisfaction got a significance value of 0.005 with an r-value of -0.312. The trust factor in the organization got the highest value with a significance value of 0.000 and an r-value of 0.821 while the trust factor in telemedicine service with telemedicine satisfaction got the lowest value, namely a significance value of 0.000 and an r-value of 0.597. This study shows that the trust variable with telemedicine satisfaction has a correlation with the degree of perfect correlation and is positive. While the relationship between patient age and telemedicine satisfaction shows a correlation with a low degree of correlation and is negative.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?