DETAIL KOLEKSI

Desain interior Museum Mobil BMW Periode 1916 - 1990 di Semarang


Oleh : Adiwidya Dwi Prakoso

Info Katalog

Nomor Panggil : 027/2-DI/2020

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Rosalinda Wiemar

Pembimbing 2 : Aing R. Nayadilaga

Subyek : Museums - Designs and plans;Interior design

Kata Kunci : museum, interior design, BMW cars, BMW car museum

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_DI_091101400052_Halaman--judul.pdf 18
2. 2020_TA_DI_091101400052_Pengesahan.pdf 2
3. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-1_Pendahuluan.pdf 7
4. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-2_Tinjauan-pustaka.pdf
5. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-3_Metodologi-penelitian.pdf
6. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-4_Hasil-penelitian-dan-pembahasan.pdf
7. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-5_Konsep-perncangan-interior.pdf
8. 2020_TA_DI_091101400052_Bab-6_Penutup.pdf
9. 2020_TA_DI_091101400052_Daftar-Pustaka.pdf 1
10. 2020_TA_DI_091101400052_Lampiran.pdf

M Museum mulai berkembang bersamaan dengan melesatnya ilmu pengetahuan. Masyarakat sekarang ini cenderung ingin memiliki bukti yang kuat dan dapat di pertanggung jawabkan mengenai catatan sejarah kebudayaan. Salah satu sarana untuk menyimpan bukti sejarah adalah museum, baik museum umum maupun khusus. Museum mobil BMW adalah jenis museum khusus yang menyajikan sejarah mobil BMW sejak perusahan tersebut berdiri dari tahun 1916. Mobil BMW adalah kendaraan yang memiliki performa kecepatan yang tinggi, dengan handling yang sempurna membuat kendaraan BMW terkenal dengan keasikan berkendaranya. Untuk itu desain interior dari bangunan museum mobil BMW merupakan aspek pendukung guna memenuhi segala kebutuhan masyarakat dalam mempelajari, menyaksikan, rekreasi maupun menjadi ruang diskusi terkait mobil BMW. Diperlukannya kualitas baik persyaratan display secara fungsional maupun estetika dalam museum. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menghasilkan desain interior museum mobil BMW yang menarik untuk masyarakat segala usia dan wisatawan dalam maupun luar negeri melalui desain yang modern dan mengikuti perkembangan jaman, sehingga dapat terciptanya museum mobil BMW yang informatif, rekreatif, dan edukatif.Konsep yang di terapkan pada museum mobil BMW adalah “speed is key” yang diambil dari rasa berkendara mobil BMW yang cepat dan menyenangkan yang didukung oleh benda yang dipamerkan dan alat untuk mencoba di dalam mobil BMW. Citra yang dihadirkan adalah citra ruang yang diambil dari mesin BMW yang menciptakan suasana sport dan fun, dan menggunakan gaya postmodernisme. Dengan konsep yang digunakan diharapkan akan membuat museum menjadi tempat yang informatif, rekreatif dan edukatif.

T The museum began to develop in line with the fast growing of science. Today's society tends to want to have strong and accountable documented evidence of the history of culture. One means of storing historical evidence is the museum, both public and private ones. The BMW car museum is a private museum that presents the history of BMW cars since the company was founded in 1916. BMW cars are vehicles that have high speed performance with perfect handling that makes them to be popular for their driving pleasure. For that reason, the interior design is the crucial supporting aspect of the BMW car museum building that meets all the needs of the community in learning, watching, recreation and discussions related to BMW cars. The good quality, both functional and aesthetic display aspects, of the museum is required. The purpose of this design is to produce an interior design of BMW car museum that is attractive to people of all ages both domestic and foreigners, by presenting a modern design and following the changing times, so as to create an informative, creative, and educative BMW car museum.The interior design of the BMW car museum adopts a "speed is key" concept, which is taken from the feeling of driving of fastest and convenient BMW cars, which is supported by objects on display and tools for testing of features of BMW car. The presented image is the space of a BMW engine that creates sport and fun atmosphere and uses postmodernism style. The concept is expected to create the museum as an informative, creative and educational place.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?