DETAIL KOLEKSI

Pengaruh minat baca terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

0.5


Oleh : Muhammad Zaky

Info Katalog

Nomor Panggil : 418.4 Zak p

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : David Tjahyadi

Subyek : Academic achievement

Kata Kunci : reading interest, external factors, academics achievement.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2014_TA_SKD_03010198_Halaman-Judul.pdf 718.57
2. 2014_TA_SKD_03010198_Pengesahan.pdf 584.69
3. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-1_Pendahuluan.pdf 539.68
4. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-2_Tinjauan-Literatur.pdf 592.75
5. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-3_Kerangka-Konsep.pdf 569.65
6. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-4_Metode.pdf 634.24
7. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-5_Hasil.pdf 592.86
8. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-6_Pembahasan.pdf 535.54
9. 2014_TA_SKD_03010198_Bab-7_Kesimpulan.pdf 528.78
10. 2014_TA_SKD_03010198_Daftar-Pustaka.pdf 560.3
11. 2014_TA_SKD_03010198_Lampiran.pdf 901.92

M Membaca merupakan sebuah kegiatan yang esensial dalam proses belajar, terutama dalam ranah perkuliahan di fakultas kedokteran yang berprinsip belajar sepanjang hayat. Beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara minat baca dengan prestasi mahasiswa ditambah dengan pengaruh beberapa faktor eksternal, yang membentuk mahasiswa tersebut menjadi sebuah individu yang kompeten. METODE Penelitian menggunakan design studi cross-sectional yang mengikut sertakan 73 mahasiswa aktif angkatan 2010 di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti di daerah Grogol, Jakarta Barat. Data dikumpulkan dengan metode non test menggunakan kuesioner yang meliputi sosiodemografi, minat baca, faktor eksternal (keluarga,pergaulan,ekstrakulikuler), dan prestasi akademik dengan system skala likert. Analisis data dengan menggunakan SPSS for Windows versi 17.0 dan tingkat kemaknaan yang digunakan besarnya 0.05. HASIL Analisis dengan Pearsons correlation menunjukkan adanya hubungan kuat antara minat baca dan prestasi akademik mahasiswa (p=0.604) sedangkan hubungan antara sosiodemografi, dan faktor eksternal dengan prestasi akademik mengunakan Spearman’s rho menunjukan hubungan yang rendah (p=0.111) untuk sosiodemografi dan (p=0.237) untuk faktor eksternal. KESIMPULAN Penelitian ini menunjukkan dominasi pengaruh minat baca terhadap prestasi akademik mahasiswa fakultas kedokteran dibanding dengan pengaruh dari sosiodemografi dan faktor external. Mahasiswa harus diarahkan lebih rajin membaca dan meperbaharui pengetahuan demi menjadi orang yang berprestasi

R Reading is an activity that is essential in the learning process, especially in the realm of Medical Faculty that principled lifelong learning. Several studies have shown an association between reading interest with students achievement coupled with the influence of some external factors, which make up the student into competent individuals. METHODS The study uses a cross-sectional study design which includes 73 active students in the University of Trisakti Medical Faculty class of 2010 in the area of Grogol, West Jakarta. The data collected by non test using a questionnaire which included socio-demographic, interest in reading, external factors (family, relationships, extracurricular), and academic achievement with a Likert scale systems. Data analysis using SPSS for Windows version 17.0 and magnitude significance level used 0.05. RESULTS Pearson’s correlation analysis showed a strong correlation between interest in reading and academic achievement of students (p = 0604), while the relation between socio-demographic and external factors to the academic achievement using Spearman’s rho correlation showed low correlation (p = 0.111) for socio-demographic and (p = 0.237) for external factors. CONCLUSION This study shows the dominance effect of reading interest of the medical faculty students' related to academic achievement, compared to the influence of socio-demographic and external factors. Students should be directed more diligently in reading and update their knowledge to become achievers

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?