DETAIL KOLEKSI

Perancangan lansekap Biotechnology Research Park LIPI - Cibinong


Oleh : Harum Wardhani

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2009

Pembimbing 1 : Titien Suryanti

Pembimbing 2 : Silia Yuslim

Subyek : Research Park - Green areas;Recreation education;Museum of Research - Recreation

Kata Kunci : Puslit Biotechnology LIPI, research park, education, recreation, green areas, science and science.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2009_TA_AL_08104012_Halaman-judul.pdf 21
2. 2009_TA_AL_08104012_Bab-1.pdf 6
3. 2009_TA_AL_08104012_Bab-2.pdf
4. 2009_TA_AL_08104012_Bab-3.pdf
5. 2009_TA_AL_08104012_Bab-4.pdf
6. 2009_TA_AL_08104012_Bab-5.pdf
7. 2009_TA_AL_08104012_Bab-6.pdf
8. 2009_TA_AL_08104012_Daftar-pustaka.pdf
9. 2009_TA_AL_08104012_Lampiran.pdf

P Pendidikan dan penelitian merupakan salah satu kegiatan yang harus berjalan berdampingan. Kedua hal tersebut berkaitan erat dan tidak bisa dipisahkan. Cibinong Science Center (CSC) LIPI yang memiliki luas sekitar 193,194 hektar ini sendiri diarahkan menjadi kawasan pengembangan ilmu pengetahuan terutama untuk bidang soft atau ilmu hayati (life science) dengan membangun kawasan hijau yang lebih berkualitas dari keanekaragamanjerusnya.Puslit bioteknologi ini berada dalam kawasan CSC-LIPI dengan luas keseluruhan ±14 Ha dan fasilitas-fasilitas yang ada berupa gedung laboratorium, gedung perpustakaan, parkir, gedung administrasi LIPI, wisma tamu biotek, mesjid, kantin serta berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti rumah kaca dan kandang hewan peternakan. Secara mayoritas, staf peneliti maupun pegawai banyak menghabiskan aktivitasnya didalam ruangan sehingga dalam pengembangannya diperlukan pertimbangan menyangkut pemenuhan fungsi clan pengguna kegiatan, perluasan fungsi utama, penunjang fungsi serta memiliki fungsi cadangan baik melalui pendekatan ekologis, fungsi, bentuk, waktu dan ekonomi.Melihat potensi yang dimiliki, maka pengembangan yang dilakukan pada Puslit Bioteknologi LIPI adalah pada bidang penelitian dan wisata yang berupa pendidikan. Pendidikan yang dikemas dalam format wisata merupakan salah satu alternatif pengenalan ilmu pengetahuan terhadap generasi muda masa kini.Puslit Bioteknologi L1PI yang terletak pada bagian depan dari komplek LIPI inididesain secara apik supaya menarik orang untuk datang baik sekedar menikmati atau belajar. Bukan hanya sebagai objek wisata saja, Puslit Bioteknologi juga berguna sebagai tempat penelitian dan pembelajaran anak-anak sekolah (Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi).

E Education and research are activity which must in close proximity each other. Both of them is tight and never be seperated. Cibinong Science Center (CSC) LIP!, which has wide 193,194 ha, has drive to be propagation science area especially for soft material subject or life science with build green area which better quality from each other.Puslit biotechnology placed in the area of CFC-LIPI with whole wide is 14 ha dan the facilities are the laboratorium, library, parking area, administration building of LIPI, guest house of biotech, mosque, cantin, and other support facility like green house and breed house. Majority, the scientist and employer has spent many time in the building because of that in propagation need consideration to be concerned in function and the user. Increasing in main function, to support the function and has reserve function with approach of ecologic, function, form, time, and economical.By looking the potention that it had, therefore propagation that will act in Puslit Biotechnology LIPI is in research subject and science recreation. Science which put in form of recreation is one of alternative to introduce that science to the young generation.Puslit biotechnology which placed in front of the area of LIPI complex designed interesting in order that to invite people to study or just for enjoy it. Not only for the recreation, Puslit biotechnology is also useful as place for research and study for student (from play group to collage)

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?