DETAIL KOLEKSI

Disiplin kebersamaan dan keharmonisan lansekap Sekolah Tinggi TELKOM (STT) Bandung

5.0


Oleh : Meylina Gilda

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2002

Pembimbing 1 : Hernani Barnas

Pembimbing 2 : Iwan Ismaun

Subyek : Colleges and universities - Buildings - Designs and plans;Landscape architecture

Kata Kunci : outspace lay out, support facilities

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2002_TA_SAL_08195032_Halaman-judul.pdf 7
2. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-1.pdf 4
3. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-2.pdf
4. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-3.pdf
5. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-4.pdf
6. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-5.pdf
7. 2002_TA_SAL_08195032_Bab-6.pdf
8. 2002_TA_SAL_08195032_Daftar-pustaka.pdf
9. 2002_TA_SAL_08195032_Lampiran.pdf

P Penataan ruang luar pada suatu areal kampus sangat penting karena rutinitas aktifitas perkuliahan mudah menimbulkan rasa jenuh para pengguna kampus karena setiap hari belajar mengajar dan bekerja. di dalam mangan yang sama dalam jangka waktn yang lama Lensekap dipandang sebagai suatu sistem yang didalanmya melibatkan manusia dan alam itu sendiri, oleh karena itu dibutuhkan adanya Hannonisasi pada gubahan ruang luarnya yang dapat dicapai antara lain dengan menyelaraskan bentukan-bentukan ruang luar sehingga tercapainya keserasianAceselarasan, maka akan terciptanya kebersamaan.Pennasalahan Y3D8. _ utama pada areal tapak adalah bagaimana mewujudkan suahl ruang yang dapat mengekspresikan karakter yang menegakkan sikap disiplin melalui penataan ruang luar untuk memmjang proses belajar mengajar yang dapat bermanfaat secara optimal bagi para pen~a kampus dengan memperhatikan aspek fungsi, bentuk, ekonomi, waktu dan potensi/kendala yang ada serta mampu ber.fimgsi secara ekologis.Pengembangan areal tapak secara garis besar dibegi atas 3 area yaitu : Area akademik, Area Non Aka.demil{ dan Area Penunjang. Pada masing-masing area terdapat berbagai fasilitas dan sarana Pada area akademik fasilitas dan sarana yang tersedia adalah yang kegiatannya berhubungan langsqng dengan kegiataa perkuliahan sedangkan pada area non akademik adalah yang kegiatannya tidak berhubungan langsunglyang merupakanaktifitas ruang luar yang menunjangkegiatan utama tapak sedangkan area penunjang adalah untuk menunjang kegiatan dari area akademik dan area non akademik, Konsep dasar perancangan areal ini adafah geometris yang merupekan bagian dari suatu keseluruhan yang terpadu serta memberikan kehmmonisan dengan bentuk massa bangunan.,,_,,....Sarana yang ada pada area akademik adalah yang mempooyai kegiatan erat dengan aktifitas perkuliahan seperti Oerbang Barat, Pos Jaga, Oerbang Timur, Pos Jags, Teman Baca, Kantin Terbuka, Seminari Outdoor, Komtmikasi Visual, Praktek Fiber Plastik dan Perparkiran mahasiswa Area non akademik meliputi sarana yang tidak berhubungan langsung dengan kegiatan perkuliahan seperti • LaparJ qan Upacara (lapangan multi fimgsi, yang sehari-harinya sebagai parkir rektorat) clan Taman Rektorat sedangkan pada area penunjang yang merupakan penwijang kegiatan pada area akademik dan area non akaclemik terdapat Lapangan Volley, Lapangan Basket, Lapangan Bola, Tempat Parkir, Kantin Terbuka, Danan, Area Exhibition, Bazaar, Dinding Gravity, Panjat Dinding, Plaza Asrama, Tempat P.arkir Asrama, Ruang Terbuka Keagamaan, Tempat Parkir, yang terletak menyebar sesuai dengan kebutuhan dari setiap

O Outspace layout in the campus area is more important because the routinty of activity can make bored situation for campus users, it causes each day learning• teaching and job activities in room is performed in long time period. Landscape is viewed as a system which involve human and natural itself. Therefore it is needed the harmoniization in its outspace renovation which can -be reached by harmonize the outspace forming in order to can be achieved the harmonization, so it can create the integrity condition.The main problem in track area ia how to manifest the space which has discipline attitude character by outspace layout to support learning-teaching process optimally for campus users with attend functional, fonn, economic, time and potent/obstacles and able to serve ecologically. Developing of tracing area can be divided int? 3 area: Academic Area, Nonacademic Area and Facilities. In Academic and Facilities Area, their activities has the direct relation by learning-teaching process, whereas in non academic area is indirect relation or it as the outspace activities to support the mail) track activity, whereas the support area is the support facilities from academic and non academic area.Layout basic concept of this area is geometric. It is as part of the whole integration to give the liarmonization of building mass fonn.Facuilitie in academic area include learning or campus activities such as West Gate, Security Post, East Gate, Security Post Radiilg Park, Opened Cafetaria, Outdoor seminary, visual communication, Plastic Fiber Practice and parking area of students. Non Academic include facilities which related by direct activities such as ceremonial filed (multifunctions filed, daily rectorate parking area) and Rectorate Park. Whereas in the support area is the support facilities in academic and non academic area which completed by Volleyball, Baskaetball , Football field, parking area , opened cafetaria , Bazaar, Religious Room, Parking Area which distributed consistent with each needs of area.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?