DETAIL KOLEKSI

Perancangan business intelligence terhadap komoditas beras pasar induk dan retail menggunakan tableau


Oleh : Sadnaz Nur Ayu

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Teddy Siswanto

Pembimbing 2 : Dedy Sugiarto

Kata Kunci : business intellligence. tableau, database, metode kimball

Status Posting : In Pres

Status : Lengkap

P PT Food Station Tjipinang Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah yang bergerak dalam bidang distribusi, penjualan, jasa pergudangan, pertokoan, dan pengangkutan bahan pangan yaitu beras dari pasar induk. Perusahan ini berfungsi menjaga ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta dan menjadi pusat informasi bahan pangan di Asia Tenggara. Untuk menjaga ketahanan pangan kepada masyarakat, perlu adanya pengembangan PusatInformasi Harga Pangan Startegis (PIHPS) sebagai salah satu penguat pemerataan kesejahteraan harga yang berada di pasar retail sereta pasar induk. Dengan meningkatnya konsumsi beras di Indonesia, data pemasok serta pendistibusi beras menjadi kurang tertata sehigga sulit untuk mendapatkan data yang akan diolah. Data tersebut masih diolah secara manual dengan salah satu tools dari Microsoft Excel.Untuk permasalahan yang ada, pada penelitian ini digunakan metode Business Intelligence dengan menggunakan tools Pentaho Data Integration untuk informasi serta visualisasi agar terlihat data harga beras antara pasar induk dan pasar retail yang ada di Jakarta menggunakan Tableau yang datanya berupa format CSV dan XLS sehingga didapatkan informasi dalam perbandingan tersebut.

P PT Food Station Tjipinang Jaya which is a Regionally Owned Enterprise engaged in the distribution, sales, warehousing services, shops, and transportation of foodstuffs, namely rice from the wholesale market. This company functions to maintain food security in the DKI Jakarta area and become a food information center in Southeast Asia. To maintain food security for the community, it is necessary to develop a Strategic Food Price Information Center.To maintain food security for the community, it is necessary to develop a Strategic Food Price Information Center (PIHPS) as one of the reinforcers of equal distribution of price welfare in retail markets as well as wholesale markets. With the increasing consumption of rice in Indonesia, the data of rice suppliers and distributors are less organized, making it difficult to obtain data to be processed. The data is still processed manually with one of the tools from Microsoft Excel.For existing problems, this research uses the Business Intelligence method using Pentaho Data Integration tools for information and visualization to show rice price data between the main market and retail markets in Jakarta using Tableau whose data is in CSV and XLS formats so that information is obtained in the comparison.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?