Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi di empat perguruan tinggi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK)
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP), biaya pendidikan dan motivasi kualitas sebagai variabel independen terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) sebagai variabel dependen.Data diperoleh dari kuisioner yang diisi oleh 200 responden yang merupakan mahasiswa jurusan akuntansi dari Universitas Trisakti, Universitas Tarumanagara, Universitas Indonesia, Universitas Islam Negeri. Sebanyak 200 kuisioner kembali dan dapat diolah dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi karir, motivasi ekonomi, motivasi mengikuti Ujian Sertifikasi Akuntan Publik (USAP), biaya pendidikan dan motivasi kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi untuk mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk).
T The purpose of this research was to know whether the influence of career motivation, economic motivation, motivation to follow the Certification Examination of Public Accountant, education costs and quality motivation as the independent variable concideration to interest of accounting students to follow The Education of Accounting Professions as the dependent variable. Data were obtained from questionnaires filled out by the 200 respondents who are students majoring in accounting from Trisakti University, Tarumanagara University, Indonesian University and Islam Negeri University . A total of 200 questionnaires returned and can be processed using multiple linear regression analysis using SPSS. The result of the research shows that faktors: career motivation, economic motivation, motivation to follow the Certification Examination of Public Accountant, education costs and quality motivation have positive and significant affect on interest of accounting students to follow The Education of Accounting Professions.