Manajemen antar jemput sekolah
K Kemacetan lalu lintas umumnya terjadi di daerah – daerah yang dekat denganfasilitas umum, seperti sekolah. Dalam keberlangsungan tersebut, terjadi aktivitasantar jemput siswa oleh orang tua dan/atau wali menggunakan kendaraan pribadi.Hal ini yang menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas di sekitar sekolahakibat adanya antrean kendaraan yang menunggu untuk parkir. Sekolah SMP –SMA Santa Ursula Jakarta Pusat ini berada di pusat kota yang strategis danmemiliki lahan yang terbilang cukup luas. Namun, aktivitas parkir membuat lalulintas di sekitar lokasi macet ketika jam masuk maupun pulang sekolah. Tujuan daripenelitian adalah mendapatkan manajemen antar jemput yang efektif dan efisiensehingga lalu lintas di sekitar sekolah lancar. Sistem yang digunakan adalah sistemMulti Channel – Single Phase. Dengan kapasitas statis sebanyak 28 SRP belummemenuhi kebutuhan parkir yang ada. Sehingga ruang pelayanan (N) = 4 dan λ =682 kendaraan/jam masih terdapat antrean kendaraan di jalan karena proses parkirdi lapangan dengan waktu yang relatif lama. Untuk mengatasinya, diperlukanadanya perubahan sistem dari proses parkir menjadi drop off . Adapun diberlakukanpembatasan waktu pelayanan (WP) = 15 detik/kendaraan yang diterapkan superketat. Selain itu, pada pintu masuk dan keluar diterapkan dengan sistem 2 lajur.
T Traffic congestion generally occurs in areas close to public facilities, such asschools. In this continuity, there are activities of picking up and dropping offstudents by parents or guardians using private vehicles. This is one of the causes oftraffic congestion around the school due to the queue of vehicles waiting to park.Santa Ursula Junior - Senior High School Central Jakarta is located in a strategiccity center and has a fairly large land area. However, parking activities make trafficaround the location congested during school entry and return hours. The purposeof the research is to get effective and efficient drop off management so that trafficaround the school is smooth. The system used is the Multi Channel - Single Phasesystem. With a static capacity of 28 SRP, it has not met the existing parking needs.So that the service space (N) = 4 and λ = 682 vehicles/hour there are still queuesof vehicles on the road due to the parking process in the field with a relatively longtime. To overcome this, it is necessary to change the system from the parking processto drop off. The service time restriction (WP) = 15 seconds/vehicle is applied super strictly. In addition, the entrance and exit are applied with a 2-lane system.