Analisis pengaruh the love of money, a. gender dan hedonisme terhadap persepsi etis mahasiswa jurusan akuntansi (studi kasus mahasiswa Universitas Trisakti dan mahasiswa Universitas Diponegoro)
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Love OfMoney terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Universitas Trisakti dan diUniversitas Diponergoro, Pengaruh Gender terhadap persepsi etis mahasiswaakuntansi di Universitas Trisakti dan di Universitas Diponergoro dan pengaruhHedonisme terhadap persepsi etis mahasiswa akuntansi di Universitas Trisakti dandi Universitas Diponergoro. Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalahsebanyak 828 mahasiswa yaitu terdiri dari 485 mahasiwa tingkat akhir jurusanakuntansi Unversitas Trisakti dan 343 mahasiswa tingkat akhir jurusan akuntansiUnversitas Diponegoro dengan menggunaka metode Purpossive Sampling.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakanSPSS 26.0 untuk melakukan pengolahan data diantaranya meliputi uji normalitas,uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis datayang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi sederhana dananalisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Love of moneymemiliki pengaruh positif signifikansi terhadap persepsi etis mahasiswaakuntansi. Hal ini dibuktikan oleh analisis regresi berganda dengan nilaisignifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,50), lalu Hedonismememiliki pengaruh positif signifikansi terhadap persepsi etis mahasiswaakuntansi. Hal ini dibuktikan oleh analisis regresi berganda dengan nilaisignifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,50), sehingga The loveof money, gender, dan hedonisme memiliki pengaruh positif signifikansi terhadappersepsi etis mahasiswa akuntansi. Hal ini dibuktikan oleh uji F (simultan) dengandidapatkan nilai F hitung sebesar 121,226 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.Nilai F tabel adalah 2,637.
T This study aims to examine and analyze the effect of love of money on theethical perceptions of accounting students at Trisakti University and atDiponergoro University, the influence of gender on the ethical perceptions ofaccounting students at Trisakti University and at Diponergoro University and theinfluence of Hedonism on ethical perceptions of accounting students at TrisaktiUniversity and at Diponegoro University. The population used in this study was828 students, consisting of 485 final year students majoring in accounting atTrisakti University and 343 final year students majoring in accounting atDiponegoro University using the Purposive Sampling method. This researchmethod uses a quantitative approach using SPSS 26.0 to perform data processingwhich includes the normality test, linearity test, multicollinearity test, andheteroscedasticity test. The data analysis technique used to test the hypothesis issimple regression analysis and multiple regression analysis. The results of thisstudy indicate that the love of money has a significant positive effect on ethicalperceptions of accounting students. This is evidenced by multiple regressionanalysis with a significance value smaller than the level of significance (0.000<0.50), then hedonism has a significant positive effect on ethical perceptions ofaccounting students. This is evidenced by multiple regression analysis with asignificance value smaller than the level of significance (0.000 <0.50), so that Thelove of money, gender, and hedonism have a significant positive effect on ethicalperceptions of accounting students. This is proven by the F test (simultaneous) byobtaining a calculated F value of 121.226 with a significance value of 0.000. TheF table value is 2.637.