Perancangan sign sistem di lingkungan Universitas Trisakti Kampus A, studi kasus FSRD USAKTI
P Peranan sistem tanda membawa dampak yang sangat penting dalam memberikaninformasi, maka diperlukan sisten tanda luar bangunan di lingkungan Universitas Trisakti untuk dapat memberikan keterangan tempat maupun lokasi dengan jelas, informatif serta menarik. Universitas Trisakti merupakan kampus bergengsi di Jakarta Barat yang memiliki 9 Fakultas yaitu terdiri dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknik Lingkungan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Trisakti kurang didukung dengan keberadaan signage sebagai salah satu identitas visual dan media informasi. Kurang terlihatnya sebagai media penunjuk arah, minimnya perancangan desain, serta ketidakkonsistenan desain signage dan wayfinding menyebabkan pengunjung kesulitan mencari informasi dan kurang terlihatnya identitas Universitas Trisakti. Signage dirancang untuk menginformasikan tempat dan arah baik dalam lingkup interior maupun eksterior. Sistem perancangan dan penggunaan signage, seperti standar grafis, material dan penempatannya, diatur dengan standarisasi internasional yang disepakati bersama oleh berbagai belahan negara di dunia. Dari berbagai kategori signage, salah satu kategori yang penting adalah signage pada lokasi lingkungan jalan raya, dimana pada pembahasannya lebih dikhususkan pada signage jalan raya tol. Penjabaran signage dari sisi historis, kategori, skema warna, perancangan dengan pendekatan faktor manusia; baik dari sisi fisik psikologi, sosial dan kultur, hingga keterkaitannya dengan nilai dan karakteristik produk. Dari segi inilah akan digali keunikan perancangan signage dan wayfinding dengan mengaplikasikan identitas Universitas Trisakti. Pada perancangan ulang signage dan wayfinding Universitas Trisakti dilakukan penelitian dengan metode literatur, wawancara narasumber, observasi obyek pembanding, dan kuesioner untuk mempertajam data dan analisa yang hasilnya digunakan sebagai acuan dalam pembuatan konsep signage dan wayfinding. Dari hasil penelitian, maka dirumuskan konsep kreatif dengan pendekatan identitas sebagai wujud representasi dari identitas Universitas Trisakti secara keseluruhan. Dengandilakukannya perancangan signage dan wayfinding diharapkan menjadi solusi yang tepat bagi Universitas Trisakti untuk lebih menonjolkan identitasnya
T The role of the sign system has a very important impact in providing information, so a sign system is needed outside of buildings at Trisakti University to be able to provide clear, informative and interesting descriptions of places and locations. Trisakti University is a prestigious campus in West Jakarta which has 9 Faculties which consist of the Faculty of Law, Faculty of Economics and Business, Faculty of Medicine, Faculty of Dentistry, Faculty of Civil Engineering and Planning, Faculty of Industrial Technology, Faculty of Earth and Energy Technology, Faculty of Landscape Architecture and Environmental Engineering, and the Faculty of Fine Arts and Design. Trisakti University is not supported by the existence of signage and wayfinding as a visual identity and information media. The lack of visibility of signage and wayfinding as directionalmedia, the lack of design, as well as the inconsistency of signage and wayfinding designs make it difficult for visitors to find information and the identity of Trisakti University is less visible. Signage is designed to inform place and direction in both interior and exterior scopes. Signage design and use systems, such as graphic standards, materials and their placement, are regulated by international standards mutually agreed upon by various parts of the world. Of the various signage categories, one of the most important categories is signage on highway environmental locations, where the discussion is more specific to toll road signage. Translation of signage from a historical point of view, categories, color schemes, design with a human factorapproach; both in terms of physical psychology, social and culture, to its relation to product values and characteristics. From this point of view, the uniqueness of signage and wayfinding design will be explored by applying the identity of Trisakti University. In the redesign of Trisakti University signage and wayfinding, research was carried outusing literature methods, interviews with informants, observation of comparative objects, and questionnaires to refine data and analysis, the results of which were used as a reference in drafting signage and wayfinding design concepts. From the results of the research, a creative concept was formulated with an identity approach as a form of representation of the identity of Trisakti University as a whole. By designing signage and wayfinding, it is hoped that this will be the right solution for Trisakti University to further highlight its identity