Evaluasi titik jenuh pengendara diruas jalan tol (studi : ruas Tol Cikopo-Palimanan)
R Ruas Tol Cikopo-Palimanan merupakan ruas tol yang mempertemukan daerah Cikopo, Kabupaten Purwakarta dengan daerah Palimanan, Kabupaten Cirebon. Di ruas tol ini terdapat 4 rest area ke arah Cirebon dan 4 rest area ke arah Jakarta. Dengan lokasi rest area yang ada apakah dapat mengatasi kejenuhan pengendara di ruas tol tersebut. Sehingga perlu dilakukan evaluasi titik jenuh pengendara di Ruas Tol Cikopo-Palimanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya titik jenuh pengendara di Ruas Tol Cikopo-Palimanan serta apakah letak rest area yang ada sudah mampu mengatasi kejenuhan pengendara. Penelitian dilakukan secara observasional deskriptif menggunakan teknik purposive sampling dengan metode survei menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada pengendara yang berhenti di rest area KM 86 dan KM 130 Ruas Tol Cikopo-Palimanan. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SPSS dan Microsoft Excel. Dari hasil tersebut, didapat bahwa faktor yang menyebabkan terjadinya kejenuhan di Ruas Tol Cikopo-Palimanan adalah kemacetan, kondisi geometrik jalan yang cenderung lurus, serta kondisi perkerasan jalan. Hasil analisis terhadap letak rest area yang ada terkait kemampuan mengatasi kejenuhan pengendara adalah bahwa rest area KM 86 dan KM 130 sudah melebihi batas untuk menghilangkan kelelahan ringan, sedang, dan berat.
T The Cikopo-Palimanan Toll Road is a toll road that connects the Cikopo area, Purwakarta District with the Palimanan area, Cirebon District. In this toll road, there are 4 rest areas towards Cirebon and 4 rest areas towards Jakarta. With the location of the exisiting rest area, will it be able to overcome the fatigue of the drivers on the toll road. It’s necessary to evaluate the fatigue of drivers on the Cikopo-Palimanan toll road. The purpose of this study is to find out the factors that cause driver fatigue on the Cikopo-Palimanan toll road and to find out is the location of the exisiting rest area able to overcome the fatigue of the drivers. The reasearch was conducted by descriptive observation using purposive sampling technique with a survey method using questionnaire and then distributed to drivers who stopped at the rest area KM 86 and KM 130 Cikopo-Palimanan toll road. The data is processed using SPSS Software and Microsoft Excel. From these results, it’s found that the factors that cause fatigue on the Cikopo-Palimanan toll road are congestion, geometric conditions of the road that tend to be straight, and the road pavement conditions. The result of the analysis of the location of the exisiting rest areas related to the ability to overcome the drivers fatigue are that the KM 86 and KM 130 rest areas have exceeded the limit to to eliminate mild, moderate, and severe fatigue.