Gambaran standar pelayanan kesehatan gigi dan mulut di rumah sakit gigi dan mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti
R Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) sebagai salah satu sarana kesebatan yang memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut, memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan gigi dan muJut kepada masyarakat Oleh karena itu, rumah sakit gigi dan mulut dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang berkualitas. Dalam memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang bennutu dan berkualitas maka penyelenggaraannya harus sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan oleh pemerintah. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui pemenuhan persyaratan standar pelayanan kesehatan gigi pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan Rurnah Sakit Gigi dan Mulut yang ditetapkan oleh Departemen Kesehatan tahun 2009. Data yang diambil berupa data standar pelayanan RSGM FKG Usakti yang meliputi aspek pelayanan, sumber daya manusia (SOM), sarana prasarana, peralatan serta administrasi dan manajemen. Data yang diperoleh dianalisis dengan formulir panduan yang berisi tentang standar RSGM dan membandingkannya dengan ada tidaknya ketersediaan hal tersebut di RSGM FKG Usakti. Hasil penelitian menunjukan RSGM FKG Usakti telah memenuhi sebagian besar standar pedoman penyelenggaraan RSGM dan tennasuk dalarn kriteria klasifikasi RSGM kelas A.
D Dental Hospital (RSGM) is one of the health facilities which provides dentaJ and oral care, has a strategic role in expediting the level of dental and oral health in the society. Therefore, dentaJ hospital is required to provide a qualified dental and oral care. In meeting the demands of oral health care quality, the implementation should be appropriate with the service standards set by the government. Purpose of this research is to knowing the fulfillment of the standard in Dental Hospital of Trisakti University based on implementation method which had been determined by Departement of Health on 2009. Data which retrieved are related to the standard of service in RSGM FKG Usakti which consist of aspecs service, human resources, infrastructure, tools, administration and management Data obtained is being analyzed by instruction form which contained of implementation standards of RSGM, and it is compared with actual availability in RSGM FKG Usakti. The result of this research has indicated that RSGM FKG Usakti mostly has been up to the standards of the implementation methods and included in level A of classification criteria of RSGM.