Analisis pengaruh pengungkapan lingkungan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapanlingkungan dan kinerja lingkungan terhadap nilai perusahaan dengan ukuranperusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol. Data yang digunakan merupakandata sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan dan laporan keberlanjutanperusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiaperiode 2016-2020 serta daftar perusahaan yang dievaluasi oleh KementerianLingkungan Hidup diperoleh dari website resmi Kementerian Lingkungan Hidupuntuk program PROPER. Sampel yang digunakan adalah 23 perusahaan dengan totalpengamatan 115 sampel penelitian. Metode pengambilan sampling menggunakanmetode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yangbersifat kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linearberganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan lingkungan tidakberpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan, kinerja lingkungan berpengaruhnegatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan
T The study aims to analyze the effect of environmental disclosure andenvironmental performance on a company's value with company size and leverage asa control variable. The data used is secondary data obtained from the annual reportand sustainability report of consumer goods industry sector companies listed on theIndonesia Stock Exchange for the period 2016-2020 as well as the list of companiesevaluated by the Ministry of Environment obtained from the official website of theMinistry of Environment for the PROPER program. The samples used were 23companies with a total of 115 observations of research samples. Sampling methodusing purposive sampling method. The type of data used is secondary data that isquantitative. The study used multiple linear regression analysis methods. The resultsof this study showed that environmental disclosure had no effect on the company'svalue. Meanwhile, environmental performance has a negative and significant effect onthe value of the company.